Stress Karena Gagal “War” Tiket Coldplay? Psikolog Beri Solusinya

20 May 2023 - 22:15 WIB
Foto: Reuters

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Konser perdana Coldplay di Indonesia sudah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya semenjak lama. Sebelumnya, penjualan tiket sudah dimulai pada Rabu (17/5/23).

Setelah tiketnya ludes terjual, pihak promotor kembali membuka situs penjualan tiket pada, Jumat (19/5/23). Sebagian penggemar kembali mencoba peruntungannya pada penjualan tiket tersebut.

Sayangnya, banyak penggemar gagal mendapatkannya karena sudah terjual habis dalam waktu 10 menit sejak dibuka pada pukul 10.00 WIB.

Jika tidak disiasati dengan baik, kegagalan mendapat tiket bisa menjadi sumber stres seseorang. Psikolog Ohana Space, Arnold Lukito, M.Psi., menjelaskan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari stres usai gagal mendapatkan tiket konser Coldplay.

Baca Juga:  Kepala BNPT Apresiasi Polres Lamongan Berangkatkan Eks Napiter Umroh

1. Terima Keadaan dan Temukan Alternatif Lain.

Ia menjelaskan bahwa tidak semua hal dapat manusia kendalikan. Menurutnya, terkadang manusia harus bisa menerima keadaan dan berdamai dengan kondisinya.

"Terima bahwa tidak semua hal dapat kita kendalikan. Kadang-kadang, meskipun kita berusaha, kita mungkin tidak dapat mendapatkan apa yang kita inginkan. Terimalah kenyataan ini dan carilah cara untuk tetap menjaga pikiran positif," ujar Arnold dikutip dari Detik, Jumat (19/5/23).

"Jika tiket tidak tersedia, mungkin ada cara lain untuk menikmati musik Coldplay, seperti menonton konser mereka secara online atau mencari pertunjukan lain yang dapat menghibur Anda," sambungnya.

2. Cari Dukungan Sosial.

Jika akhirnya gagal mendapatkan tiket dan mulai merasa stres, ia mengimbau masyarakat untuk mencari dukungan sosial khususnya dari orang terdekat.

"Bicaralah dengan teman atau keluarga tentang perasaan Anda. Mereka dapat memberikan dukungan emosional dan membantu mengurangi stres yang Anda rasakan," terangnya.

Ia menambahkan, menjaga perspektif dalam kondisi stres sangatlah penting. Jangan sampai satu kejadian dapat merusak suasana hati secara keseluruhan.

"Ingatlah bahwa tiket konser hanyalah satu pengalaman dalam hidup. Ada banyak kesempatan lain untuk menikmati musik dan mengejar minat Anda," pungkasnya.

3. Temukan Kesenangan atau Minat Lain

Jika gagal mendapatkan tiket, masyarakat bisa mencari hiburan lain untuk membantu mengalihkan perhatian dari kegagalan mendapatkan tiket.

"Temui teman-teman, lakukan hobi Anda, atau ciptakan pengalaman baru yang menyenangkan, ingatlah bahwa kegagalan mendapatkan tiket tidak mengurangi nilai Anda sebagai individu. Tetaplah positif, tetap terbuka terhadap kesempatan lain, dan nikmati momen-momen lain dalam hidup Anda," jelasnya.

(sy/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment