Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh

20 May 2023 - 09:15 WIB
Hellosehat

Tribratanews.polri.go.id - Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang cukup digemari sebagai pengganti nasi. Jenis umbi-umbian ini mudah diolah menjadi menu pembuka, utama, maupun penutup yang tentu saja lezat. Tak hanya lezat, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari makan kentang.

Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang umumnya dijadikan pengganti nasi, selain dari singkong, ubi jalar, maupun jagung. Jumat (19/5/23).
Selain dari kandungan karbohidrat tentunya, kentang juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Peneliti: Makan Buah dan Sayur Manfaatnya Sama Seperti Jalan 4.000 Langkah

Berikut ini adalah manfaat dari kentang untuk kesehatan, dilansir dari hellosehat.com.

1. Menurunkan risiko penyakit kronis
Kentang sangat kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Berbagai senyawa ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas yang muncul dan bisa merusak sel tubuh.

Radikal bebas adalah satu faktor pemicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Penelitian dalam jurnal Nutrition and Cancer pada tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan usus besar.

2. Membantu mengendalikan kadar gula darah
Sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi penderita diabetes. Kentang banyak mengandung pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat mengoptimalkan kerja insulin, yakni hormon pengendali gula darah.

Sebuah penelitian dalam jurnal Medicine pada tahun 2015 juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah menjadi lebih stabil pada penderita diabetes tipe 2.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan pati resisten dalam kentang ternyata juga bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Bakteri baik tersebut akan mengubah pati menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini yang punya segudang manfaat, seperti mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan membantu pemulihan penderita infeksi usus (penyakit Crohn atau divertikulitis).

4. Bebas kandungan gluten
Kandungan zat dalam kentang juga bebas gluten alias gluten free. Bagi orang yang mengalami masalah dalam mengonsumsi makanan mengandung gluten, seperti penyakit celiac, Anda bisa menjadikan kentang sebagai alternatif yang tepat.

5. Menurunkan tekanan darah
Manfaat kentang yang penting lainnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kentang adalah sumber kalium. Mineral ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya.

Selain itu, kentang mengandung kalsium dan magnesium yang memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah normal.

6. Meningkatkan fungsi saraf dan otak
Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron alias sel-sel pembawa sinyal dari dan ke dalam otak. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan bahan kimia otak, yakni serotonin, dopamin, dan noreprinefrin.

Maka dari itu, makan kentang baik untuk kesehatan saraf dan otak. Kondisi otak yang sehat membantu mengurangi stres, depresi, hingga gangguan kecemasan.


(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment