Sering Disepelekan, Ini 4 Khasiat Kalium bagi Kesehatan Tubuh

10 December 2023 - 06:45 WIB
Pexels

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Manusia memiliki kadar kalium di dalam tubuhnya. Kalium atau disebut juga potasium merupakan mineral di dalam tubuh yang dapat mengendalikan fungsi sel saraf dan otot.

Selain itu, ada sejumlah manfaat lain dari kalium untuk tubuh yang jarang diketahui. Kalium bisa didapat dari berbagai makanan seperti buah, sayuran, dan ikan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (9/12/23), berikut sederet manfaat kalium untuk tubuh, antara lain:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kalium yang pertama yakni dapat mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun perlu diingat, hal ini juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi kalium tinggi dan kadar natrium yang rendah.

Baca Juga: Tim Gabungan Kepolisian Berhasi Gagalkan Perdagangan Ginjal Senilai Rp 175 Juta yang akan Dijual ke India

2. Memelihara Tulang dan Otot

Dilansir Medical News Today, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung potasium memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasil studi tersebut.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung potasium juga dapat membantu memelihara massa otot, khususnya pada lansia dan orang yang mengalami kondisi pengecilan otot.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Sebab, orang yang jarang mengkonsumsi kalium dapat menghambat kemampuan ginjal untuk menyerap kembali kalium.

Akan tetapi, mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi tidak disarankan bagi pasien penderita penyakit ginjal karena bisa berdampak buruk.

4. Mengurangi Retensi Air

Melansir Healthline, retensi air dapat terjadi karena kelebihan caranya yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, kalium diyakini dapat digunakan untuk mengatasi retensi air.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat membantu mengurangi retensi air dengan cara meningkatkan produksi urin dan menurunkan kadar natrium.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment