Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur

28 May 2023 - 23:00 WIB
Foto: Hello Sehat

Tribratanews.polri.go.id – Setelah beraktivitas tiduran diri di kasur tampak jadi hal yang paling dinanti. Keinginan ini terkadang mengalahkan hal lain yang semestinya dilakukan, seperti mandi atau sekadar mencuci muka. Akan tetapi, mencuci muka sebelum tidur itu penting.

Mencuci muka bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi tak perlu sering-sering. Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah beberapa kali dalam sehari ternyata bisa menimbulkan iritasi kulit.

Akibat dari keseringan mencuci muka yakni semakin rentan terkena jerawat. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar mengurangi kebiasaan tersebut dengan cuci muka dua kali sehari, yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur.

Meski begitu, mengapa cuci muka sebelum tidur pada malam hari sebelum tidur itu penting, kali ini kita akan bahas manfaat mencuci muka di malam hari sebelum tidur, dilansir dari hellosehat.com.

Baca Juga:  Polisi Tangkap 5 Pelaku Pesta Sabu di Simalungun

1. Mengurangi risiko munculnya jerawat di wajah

Setelah seharian beraktivitas, minyak, debu, dan kotoran sangat mudah menempel di wajah. Belum lagi, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan membuat wajah semakin kotor.

Ini karena kuman-kuman yang menempel di tangan dengan mudahnya berpindah ke kulit wajah. Jika dibiarkan begitu saja bahkan setelah pulang ke rumah, muka sangat rentan berjerawat.

Oleh karena itu, mencuci muka pada malam hari sebelum tidur dapat mengurangi bakteri dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

2. Membantu melembapkan kulit wajah

Secara alami kulit akan memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri saat tidur pada malam hari. Sementara pada siang hari, kulit wajah akan bekerja dengan melawan segala jenis bahaya seperti sinar UV, polusi, dan kotoran di sekitar Anda.

Mencuci muka pada malam hari dapat membantu kulit mengendalikan kerusakan kulit. Selain itu, kebiasaan ini membantu maksimalkan efek dari produk perawatan yang dipakai salah satunya pelembap kulit.

Menggunakan pelembap pada malam hari setelah membersihkannya membuat kulit terhindar dari kekeringan. Saat malam hari, pelembap wajah yang digunakan punya banyak waktu untuk bisa menyerap secara maksimal ke dalam kulit.

3. Dapat mengurangi kerut di wajah

Penyebab keriput di wajah terus bertambah yakni kulit terlalu sering terpapar sinar UV yang menandakan penuaan dini. Paparan sinar UV dapat memecah jaringan ikat kulit seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Jika jaringan ikat pecah, kulit akan mulai kehilangan fleksibilitas dan lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah. Selain itu, radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar juga memengaruhi kesehatan kolagen

Oleh karenanya, mencuci muka sebelum tidur sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tujuannya agar kulit tidak perlu lagi mengeluarkan energi tambahan untuk menangkal radikal bebas yang menempel.

4. Mencegah infeksi mata

Terbiasa tidak mencuci wajah pada malam hari ternyata memengaruhi kesehatan mata.  Menurut dr. Eric Schweiger, seorang ahli dermatologi dari New York kepada Huffpost, ada beberapa efek samping yang bisa muncul.

Misalnya, tidak menghapus produk kecantikan maskara atau eyeliner sebelum tidur dapat menyebabkan infeksi mata. Pasalnya, riasan mata ini bisa masuk ke mata saat Anda misal menggosok mata ketika tidur.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment