5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

17 April 2023 - 07:30 WIB
Foto: halodoc.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sinar Matahari memang menjadi salah satu masalah yang mengganggu kondisi kulit, tetapi terdapat beberapa manfaat yang kita dapat saat berjemur di pagi hari.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK), Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Madarina Julia, mengatakan, waktu berjemur yang cukup adalah saat bayangan tubuh lebih pendek dari ketinggian, sedangkan waktu berjemur yang disarankan adalah 10 hingga 15 menit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, baiknya berjemur di pagi hari di pukul 10:00 hingga 14:00. Tetapi, jangan biarkan tubuh Anda terpapar oleh sinar matahari secara terus menerus. 

Apabila ingin berjemur pada pukul 09:00, cukup lakukan selama 10-15 menit saja. Namun, jika ingin berjemur di atas pukul 11:00, cukup lakukan selama 3 menit saja.

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Luwu Timur

Dan berikut beberapa kesehatan berjemur di pagi hari

1. Mengurangi risiko kanker
Ketika berjemur di pagi hari, tubuh Anda akan lebih banyak mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin D, mampu untuk mengurangi risiko kanker, seperti payudara dan usus besar. 

2. Menghilangkan depresi
Jika Anda sedang mengalami depresi cobalah untuk berjemur di pagi hari. Sebab, berjemur di pagi hari, dapat mengatasi gangguan Seasonal Affective Disorder (SAD). Gangguan ini merupakan depresi yang dirasakan saat berada di musim dingin.

Dengan berjemur di pagi hari juga akan membuat otak memproduksi serotonin yang lebih banyak. Serotonin ini merupakan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati.

3. Meningkatkan kesehatan tulang
Vitamin D pada sinar matahari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Sebab, berkat kandungan vitamin D pada sinar matahari, mampu merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang berperan untuk kepadatan tulang.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Sinar matahari mengenai mata dan saraf mengirim pesan ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin yang membuat kita mengantuk dan membantu kita untuk tidur. 

5. Menyembuhkan penyakit kulit
Kulit yang terkena paparan sinar matahari pagi dapat mengaktifkan produksi vitamin D secara alami di tubuh.
Vitamin ini memiliki kontribusi yang sangat penting pada regulasi kalsium dan aliran darah.
Dengan metabolisme kalsium yang baik, tubuh akan mengirimkan sel darah putih untuk tulang untuk memperbaiki kerusakan kulit seperti jerawat, psoriasis dan eksim. 

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment