Masyarakat Indonesia Mengalami Kenaikan Imunitas Terhadap Covid-19 Sebesar 1,5 Kali

3 February 2023 - 21:00 WIB
Detik

Tribratanews.polri.go.is - Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memaparkan hasil survei serologi antibodi (sero survei) untuk mengetahui tingkat imunitas masyarakat Indonesia terhadap virus Covid-19. Survei yang dipaparkan ini adalah hasil dari pelaksanaan ketiga pada Januari 2023 dengan hasil 99% masyarakat sudah memiliki kekebalan dari virus tersebut.

Baca juga : Kemenkes: 3 Pasien Covid-19 Kraken Sudah Sembuh

"Dari hasil sero survei kita lihat proporsi penduduk yang memiliki kadar imunitas SARS-CoV-2 masih sangat tinggi, yaitu 99% proporsi masyarakat. Terakhir pada Juli 2022 itu 98,5%, masih tinggi," ungkap Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kemenkes Syarifah Liza Munira dalam konferensi pers, Jumat (3/2).

Kepala BKPK Kemenkes menuturkan, level antibodi masyarakat mengalami kenaikan 1,5 kali lipat menjadi 3,207 u/ml. Padahal, pada sero survei Juli 2022 menunjukkan kadar antibodi masyarakat Indonesia sebesar 2.095 u/ml.

"Kadar antibodi tertinggi ada pada mereka yang sudah melakukan booster. Kemudian hal lain, ketika dilihat mereka yang dalam setahun ini melengkapi status vaksinasi, kadar antibodi meningkat hampir tiga kali," jelas Liza.

Berkaca dari hasil survei tersebut, Liza mengimbau masyarakat untuk melengkapi vaksinasi. Hal ini penting untuk dilakukan meskipun hasil sero survei menunjukkan peningkatan yang positif.

(ay/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment