Manfaat Berenang Untuk Bayi

21 May 2023 - 06:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Sejumlah orang tua kini mulai mengenalkan bayi dengan olahraga berenang sejak dini. Mereka mengenalkan si kecil dengan olahraga air ini bahkan sebelum buah hatinya mampu berjalan.

Kebanyakan bayi antusias saat berada di sekitar air. Mereka bisa menendang, meluncur, atau menghantam air. Berenang bagi bayi ternyata bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan. Apabila dikerjakan dengan tepat, aktivitas fisik ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sabtu (20/5/23).

Inilah Manfaat Berenang Untuk Bayi, dilansir dari kompas.com:

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Polisi Gelar Kegiatan Kurve di Wilayah Polda Kaltara

1. Menunjang Pertumbuhan Otak Bayi

Gerakan berenang bisa membantu pertumbuhan otak bayi. Saat tubuh bayi bergerak dengan pola menyilang, neuron otak bayi ikut berkembang dan fungsi kognitifnya meningkat.

Hal itu berguna sebagai bekal meningkatkan kemampuan membaca, literasi, daya ingat, sampai kemampuan akademis di masa mendatang.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebagian kelas berenang untuk bayi turut mengikutsertakan permainan, lagu, dan interaksi dengan pelatih atau anak lain. Selain menambah kesenangan, manfaat berenang untuk bayi ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial si kecil.

3. Membangun Otot dan Memperkuat Organ Vital

Tak hanya untuk orang dewasa, manfaat berenang untuk bayi juga bisa membangun otot. Dengan otot yang kuat, bayi punya kemampuan lebih baik dalam menggerakkan lengan, kaki, leher, serta inti tubuh. Selain otot, berenang juga bagus untuk kesehatan sendi, jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah si kecil.

4. Melatih Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Selain memperkuat otot tubuh, rutin latihan berenang bagi bayi juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Bayi belajar melatih koordinasi dan keseimbangan tubuhnya lewat gerakan tangan dan kakinya saat berenang.

5. Memperbaiki Pola Tidur

Berenang selama beberapa saat dapat menguras energi bayi. Selama berenang, bayi banyak bergerak untuk menjaga koordinasi tubuh sekaligus menghangatkan badannya. Maka tak heran banyak bayi yang langsung mengantuk setelah berenang. Dengan begitu, olahraga ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki pola tidur bayi.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat berenang untuk bayi juga bisa meningkatkan nafsu makan si kecil. Pasalnya, berenang cukup menguras energi. Selain untuk bergerak, bayi juga membakar banyak kalori untuk menghangatkan tubuhnya.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment