Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Makan Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

4 March 2023 - 08:00 WIB
pmjnews.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sebagai salah satu makanan khas Indonesia, tape ketan hitam menjadi camilan yang banyak digandrungi masyarakat. Di balik rasanya yang enak, makanan yang difermentasi dengan ragi ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tape ketan hitam memiliki kandungan antioksidan dan serat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya, menjaga sistem pencernaan juga kesehatan jantung.

Baca Juga : Hoaks Audio Visual Kini Lebih Banyak Disebarkan

Dilansir dari pmjnews.com, Jumat (3/3/2023), berikut sejumlah manfaat kesehatan makan tape ketan hitam apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan.

1. Menjaga Sistem Pencernaan
Manfaat tape ketan hitam yang mengandung serat tinggi akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Seratnya membantu melancarkan buang air besar, mengurangi risiko terjadinya sembelit, dan menjaga kesehatan usus besar.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal
Tape ketan hitam mengandung kalium yang tinggi yang sangat penting bagi kesehatan ginjal. Kalium membantu mengurangi risiko terjadinya batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan pada tape ketan hitam, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Manfaat tape ketan hitam yang mengandung kalsium dan fosfor tinggi sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor membantu membangun dan memperkuat tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Karbohidrat kompleks pada tape ketan hitam memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah dalam batas normal.
Selain itu, vitamin B kompleks pada tape ketan hitam juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment