Jaga Kesehatan di Musim Hujan, Simak Tipsnya

3 March 2023 - 16:40 WIB
rr.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Cuaca yang tidak menentu tidak jarang membuat seseorang rentan mengalami sakit. Hal ini disebakan karena cuaca berubah drastis, misalnya dari panas terik menjadi hujan deras. 

Berikut inilah cara menjaga kesehatan di musim hujan yang dapat diaplikasikan dirumah, seperti dikutip dari rri.co.id, Jumat (4/3/23).

1. Cuci Tangan Pakai Sabun
Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah cuci tangan pakai sabun. Ini dilakukan untuk mencegah penularan bakteri atau virus melalui tangan. Karena orang biasa batuk dan pilek akan menutup mulut dengan kedua tangannya jadi untuk mencegah itu dianjurkan cuci tangan pakai sabun agar bakteri dan virus yang ada di tangan hilang.
Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan sabun dan air untuk cuci tangan. Karena barang tersebut praktis dan dapat di bawa kemana-kemana.

2. Perbanyak Konsumsi Cairan
Konsumsi banyak cairan dapat membantu menipiskan lendir yang ada di dalam tubuh ketika sakit. Jadi, untuk mencegah sakit saat musim hujan, anda perlu memperbanyak konsumsi cairan, setidaknya 2 liter per hari. Seperti air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, atau mengonsumsi teh hangat.
Karena selain rasanya yang lezat, menghirup uap teh dan minum teh hangat dapat meningkatkan kinerja folikel silia rambut. Dan juga dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan, anda juga bisa menambahkan lemon dan madu ke dalam teh lho agar rasanya lebih nikmat.

Baca Juga : Hoaks Audio Visual Kini Lebih Banyak Disebarkan

3. Jaga Pola Makan
Agar daya tahan tubuh tetap optimal, anda perlu menjaga pola makan. Ini karena daya tahan tubuh dapat menurun jika tubuh kekurangan nutrisi. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, anda perlu makan secara teratur setidaknya tiga kali sehari. Tentu tanpa melewatkan aktivitas sarapan dan memerhatikan makanan yang dimakan.
Anda juga bisa menambahkan makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, tahu, tempe di dalam menu harian. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Aktivitas Fisik
Kurangnya aktivitas fisik juga dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Karena itu, agar daya tahan tubuh tetap optimal, anda perlu melakukan aktivitas fisik setidaknya aktivitas fisik ringan yang disukai.
Seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan lainnya selama 15-30 menit. Aktivitas fisik tidak hanya membuat tubuh bugar, tetapi bisa mengaktifkan sel darah putih yang berperan sebagai pertahanan tubuh.

5. Tidur Cukup
Studi yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menyebutkan orang yang tidur kurang dari tujuh jam lebih rentan. Yakni rentan tertular penyakit dibandingkan dengan orang yang tidur delapan jam sehari. Jadi, agar anda tidak mudah tertular penyakit dari orang-orang di sekitar, maka anda perlu tidur cukup. Hanya saja setidaknya butuh 7-8 jam per hari untuk tidur.

6. Kelola Stres
Agar tidak mudah tertular sakit, anda juga perlu mengelola stres yang sedang dialami. Ini karena stres tidak hanya memengaruhi kondisi psikologis seseorang, melainkan juga kondisi fisiologis.
Seperti membuat seseorang gelisah, jantung berdebar, dan mudah lelah. Anda juga bisa mengelola stres dengan melakukan hal yang disukai seperti belanja, menonton film, jalan-jalan, dan aktivitas lainnya. 

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment