Ini 11 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh, Bolehkah Dikonsumsi Setiap Hari?

7 June 2023 - 22:00 WIB
Foto: Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pisang adalah buah yang dikenal mengandung banyak serat dan antioksidan. Kandungan tersebut memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, baik bagi pria maupun wanita.

Lebih lanjut, simak berbagai manfaat pisang untuk kesehatan di bawah ini yuk!

Nutrisi dalam pisang bisa meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah penyakit. Berikut adalah manfaat pisang bagi tubuh.

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Dilansir dari situs Pharm Easy, Selasa (6/6/23), manfaat buah pisang yang cukup efektif yaitu bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada pisang bisa memperlancar BAB alias buang air besar.

Pasalnya, pisang kaya akan serat larut dan tidak larut yang berperan penting dalam kesehatan pencernaan.

Serat larut akan membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol. Sementara serat yang tidak larut berguna untuk melunakkan feses dan mengatur pergerakan usus.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Pisang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Pisang ukuran sedang menyediakan hampir 9 persen dari kebutuhan potasium harian seseorang.

Asosiasi Jantung Amerika atau The American Heart Association (AHA) telah mendorong untuk menurunkan asupan garam/natrium, dan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium.

Pasalnya, kalium bisa membantu mengelola tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi yang membantu tubuh menyerap zat besi, yang juga bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit .

Dikutip dari Cleveland Clinic, orang dewasa setidaknya membutuhkan 75-90 mg per hari vitamin C. Dalam hal ini, pisang memberikan sekitar 10 mg vitamin C.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pisang memiliki banyak kandungan potassium, mineral, dan elektrolit yang bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan jantung. Umumnya, pisang berukuran sedang mengandung sekitar 320-400 mg potasium, yang memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan potasium harian.

Pisang juga diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Hal tersebut tentu akan membantu melindungi sistem kardiovaskular dari tekanan darah tinggi.

5. Membantu Mencegah Sel Leukemia

Hasil investigasi laboratorium tahun 2014 yang dilakukan oleh Senjam Sunil Singh, dkk, telah menyarankan bahwa lektin (protein pada pisang) bermanfaat dalam membantu mencegah pertumbuhan sel leukemia.

Dilansir dari Medical News Today, Lektin bekerja sebagai antioksidan, yang membantu tubuh menghilangkan molekul atau radikal bebas.

Apabila banyak radikal bebas menumpuk, maka berpotensi menyebabkan kanker akibat kerusakan sel yang terjadi.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan buah kaya serat, karena bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebuah ulasan tahun 2018 dalam National Library of Medicine oleh Marc P. McRae dari National University of Health Sciences, Lombard, menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan menurunkan gula darah pada mereka yang sudah mengidap penyakit ini.

Baca Juga:  Polisi Kembangkan Kasus Mucikari di Bontang, Korban Anak di Bawah Umur Dipulangkan

7. Mengatur Mood dan Mempertahankan Memori

Triptofan (asam amino) dalam pisang bermanfaat dalam membantu menjaga daya ingat. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membantu meningkatkan kemampuan seseorang dalam belajar, mengingat berbagai hal, dan mengatur suasana hati.

8. Mengurangi Risiko Pembentukan Batu Ginjal

Kandungan kalium dalam pisang membantu untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal, seiring bertambahnya usia. Kemudian pada gilirannya, ginjal yang sehat akan memastikan jumlah potasium yang tepat agar tetap berada di dalam tubuh.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Tapi, buah ini memang memiliki beberapa kandungan yang membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk program penurunan berat badan.

Salah satu alasannya, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit (rata-rata memiliki 100 kalori). Jika ingin memasukkan pisang mentah ke dalam makanan atau usaha diet, coba gunakan pisang raja.

10. Membuat Cepat Kenyang Lebih Lama

Pisang mentah juga berperan membuat rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, karena kaya akan pati spesifik (pati resisten). Pati tersebutlah yang membantu menahan proses pencernaan.

11. Membantu Melawan Anemia

Kandungan folat yang tinggi dalam pisang, akan baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita anemia. Kelelahan dan pucat yang disebabkan oleh anemia itu dapat dikurangi jika mengonsumsi pisang setiap hari.

Apakah Pisang Baik Dikonsumsi Setiap Hari?

Berdasarkan artikel yang telah ditinjau secara medis oleh Amy Richter dan Ansley Hill, pisang baik dikonsumsi satu sampai dua buah setiap hari.

Namun, beberapa orang juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi pisang. Jangan terlalu banyak makan pisang, karena terlalu banyak konsumsi potasium bisa berbahaya bagi mereka yang ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi secara penuh.

Dalam hal ini, orang yang tidak boleh makan pisang berlebihan adalah:

1. Orang yang menggunakan beta-blocker (kelompok obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi);

2. Orang yang alergi pisang;

3. Orang yang sedang/penderita migrain.

(sy/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment