Herbal Manis, Ini Sederet Khasiat Licorice bagi Kesehatan Tubuh

3 March 2024 - 06:45 WIB
Honest Docs

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Licorice merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Bagian akarnya sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti eksim, sembelit, dan tukak lambung.

Licorice seringkali diolah menjadi teh herbal dan dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Tak hanya itu, tanaman yang memiliki nama latin Glycyrrhiza glabra ini juga tersedia dalam bentuk permen dan suplemen.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (2/3/24), berikut sederet manfaat licorice bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan saluran pernapasan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh licorice dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, licorice juga dipercaya bermanfaat untuk meringankan gejala asma.

Baca Juga: Berlangsung Aman saat Kunjungan Presiden RI di Palembang, Kapolda Sumsel Apresiasi Jajaran dan Masyarakat

Meski demikian, manfaat licorice untuk melancarkan saluran pernapasan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Memelihara kesehatan kulit

Sifat antiradang dan antioksidan di dalam licorice baik untuk mencegah dermatitis atopik dan munculnya tanda penuaan dini di kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Tak hanya itu, kandungan antioksidan glycyrrhizin di dalam licorice juga dapat mengatasi jerawat.

3. Meringankan gangguan pencernaan

Ekstrak licorice dapat meredakan gejala penyakit GERD, seperti rasa terbakar di dada dan nyeri perut. Kandungan antioksidan di dalam licorice juga mampu menghambat penyebaran bakteri H.pylori penyebab tukak lambung.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Licorice memiliki kandungan antikanker yang dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Namun, penelitian mengenai manfaat licorice untuk menghambat pertumbuhan sel kanker ini masih terbatas dan perlu penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah kerusakan gigi

Kandungan antibakteri di dalam licorice dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice.

Tak hanya berbagai manfaat di atas, licorice juga baik untuk mengontrol kadar gula darah, mengurangi gejala menopause, dan menurunkan berat badan.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, licorice sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan untuk waktu yang lama. Hal ini karena konsumsi licorice secara berlebihan dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti kelemahan otot, hipertensi, dan aritmia.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment