Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Tubuh, Berikut Ciri - cirinya

15 March 2023 - 09:00 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi untuk menyaring racun dalam darah. Ginjal yang bermasalah akan menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh dan dapat berakibat fatal.

Baca juga : Bersepeda Memiliki Manfaat Untuk Perpanjang Usia Otak

Maka dari itu, berikut ini beberapa gejala awal dari penyakit ginjal, seperti dilansir dari rri.id, Selasa (14/4/23), diantaranya. 

1. Kurang berenergi
Pada gejala awal penyakit ginjal, tubuh merasa kurang berenergi, mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi. Ginjal adalah organ yang berfungsi memfilter racun dalam darah. Namun ketika fungsinya menurun maka akan menyebabkan penumpukan racun dan kotoran. Biasanya, dampaknya tubuh akan merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi.

2. Hilangnya nafsu makan
Selanjutny, gejala penyakit ginjal adalah kehilangan nafsu makan. Kurangnya nafsu makan bisa terjadi karena penumpukan racun dalam tubuh seperti urea, kreatinin, dan asam. Jika seseorang mudah merasa kenyang tetapi belum makan apa pun pada hari itu, maka kemungkinan terdapat masalah. 

3. Mulut terasa seperti logam
Di area oral, ginjal yang bermasalah menyebabkan menumpuknya limbah dalam darah. Penumpukan ini menyebabkan mulut atau makanan yang masuk, terasa seperti logam.

4. Kualitas tidur terganggu
Banyaknya racun dalam tubuh yang tidak bisa disaring oleh ginjal bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Gangguan tidur yang dapat terjadi oleh pengidap ginjal kronis adalah sleep apnea. Sleep apnea terjadi ketika pernapasan berhenti berulang kali saat tidur, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Jika sleep apnea terjadi terus menerus maka besar kemungkinan tubuh mengalami kerusakan ginjal.

5. Frekuensi buang air kecil meningkat
Buang air kecil merupakan bagian dari metabolisme manusia yang normal terjadi. Namun, jika merasa perlu buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari, bisa pertanda gejala penyakit ginjal. Selain karena gangguan ginjal, kondisi ini juga menjadi pertanda infeksi saluran kemih. Atau biasa dikenal dengan pembesaran prostat pada pria.

6. Perubahan tekstur dan warna urine
Selain dari frekuensi buang air kecil yang meningkat, gangguan penyakit ginjal berikutnya adalah perubahan tekstur dan warna urine. Urine yang normal adalah yang tidak terlalu berbuih dan berwarna kuning terang. Namun, ketika urine memiliki terlalu banyak buih dan warnanya keruh artinya mekanisme penyaringan ginjal sedang bermasalah. Akibatnya protein dan sel darah merah mulai bocor dan keluar bersamaan dengan urin. Selain itu, nanah dalam urine juga bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada ginjal. Maka dari itu anda harus selalu memperhatikan itu.

7. Kulit kering dan gatal
Bukan cuma penyakit kulit, jika anda merasa kulit kering dan gatal, mungkin itu peringatan dari tubuh bahwa ginjal bermasalah. Tidak hanya menyaring racun dalam tubuh, ginjal juga berfungsi membuat sel darah merah. Lalu menjaga tulang tetap kuat, dan mempertahankan jumlah mineral dalam darah. Ginjal yang sudah tidak mampu menjaga kesimbangan mineral dan nutrisi, bisa menyebabkan penyakit tulang, serta kulit kering dan gatal.

8. Pembengkakan di area pergelangan kaki dan kaki
Menurunnya fungsi ginjal bisa menyebabkan retensi natrium, sehingga terjadi pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki. Pembengkakan pada area ini juga diketahui merupakan pertanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

(rz/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment