Bersepeda Memiliki Manfaat Untuk Perpanjang Usia Otak

13 March 2023 - 08:20 WIB
rri.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bersepeda setidaknya enam menit setiap harinya dinilai dapat memperpanjang umur otak serta menunda timbulnya gangguan neurodegeneratif di antaranya penyakit alzheimer dan parkinson. Hal ini disampaikan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology.

Selain itu, olahraga intensitas tinggi juga dapat bermanfaat untuk pembelajaran dan memori. Serta dapat melindungi otak dari penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Baca juga : Studi: Kurang Minum Ari Putih Bisa Percepat Penuaan Dini

Protein khusus bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF) mempromosikan neuroplastisitas atau kemampuan otak untuk membentuk koneksi dan jalur baru dan kelangsungan hidup neuron. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa peningkatan ketersediaan BDNF mendorong pembentukan dan penyimpanan ingatan. Juga dapat meningkatkan pembelajaran, dan secara keseluruhan meningkatkan kinerja kognitif, seperti dilansir dari rri.go.id, Minggu (12/3/23).

Sementara itu, penulis utama Travis Gibbons dari University of Otago, Selandia Baru, mengatakan bahwa BDNF menunjukkan harapan besar pada model hewan. Namun intervensi farmasi sejauh ini gagal memanfaatkan kekuatan perlindungan BDNF pada manusia dengan aman.

(rz/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment