Dahsyat, Ini 5 Khasiat Bunga Kitolod bagi Kesehatan Tubuh

12 October 2023 - 06:45 WIB
Foto: Cleanipedia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Banyaknya tumbuhan memberi manfaat untuk manusia, satunya adalah bunga Kitolod. Tanaman dari Hindia Barat ini dikenal dengan nama lain daun tolod, sangkobat, kendali, dan korenjat.

Bunga tersebut tumbuh liar di pinggir saluran air atau sungai, pematang sawah, sekitar pagar, dan tempat-tempat lainnya yang lembap dan terbuka. Tumbuhan ini bisa ditemui di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 1.100 mdpl.

Dilansir dari laman farmasi UGM, Rabu (11/10/23), berikut manfaat bunga kitolod beserta daunnya:

1. Menjadi Obat Mata

Bunga kitolod dijadikan sebagai obat tetes mata. Mengutip academia.edu oleh Pongky Sitanan, cara menggunakan bunga ini untuk mengobati mata yaitu ambil beberapa bunga kitolod sampai ke pangkal tangkai bunga.

Lalu, rendam dengan air bersih selama beberapa menit. Teteskan air dari ujung tangkai bunga ke mata sebanyak 2-3 tetes. Lakukan 3 kali sehari.

2. Mengobati Kanker

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, penyempitan pembuluh darah dan penuaan dini. Mengutip jurnal berjudul Fitokimia dan Farmakologi Tumbuhan Kitolod (Isotoma Longiflora Presi) oleh Andi Permana dkk dari Universitas Buana Perjuangan Karawang, menurut penelitian, kitolod memiliki kandungan metabolit sekunder golongan flavonoid, fenolik, steroid dan alkaloid.

Baca Juga:  Dahsyat, Ini Sederet Makanan Karbohidrat Alami yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Hal ini membuktikan bahwa kitolod mengandung antioksidan yang dapat memutus reaksi berantai dari radikal bebas, sehingga bisa mencegah kerusakan jaringan.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Daun kitolod bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri karena sakit gigi. Caranya yaitu dengan menumbuk dua lembar daun kitolod sampai halus, lalu letakkan ke dalam gigi yang berlubang.

4. Mengobati Radang Tenggorokan hingga Asma

Daun kitolod sering digunakan untuk membantu mengobati radang tenggorokan, bronkitis dan asma. Adapun caranya yaitu rebus 2-3 helai daun kitolod yang bersih. Lalu, saring dan minum airnya 2 kali sehari.

5. Mengobati Luka

Tanaman kitolod juga difungsikan sebagai obat luka ringan, seperti lecet. Cara menggunakannya yaitu tumbuk daun hingga halus, lalu balurkan pada area luka dan sekitarnya.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment