Coba Sederet Makanan Ini Agar Kuku Anda Cepat Tumbuh dan Kuat

20 October 2024 - 08:07 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Apa yang Anda konsumsi memengaruhi kondisi kuku. Kondisi kuku menggambarkan gambaran kesehatan dan kebersihan pemiliknya. Tak heran banyak orang menginginkan kuku yang kuat dan sehat.

Bagi mereka yang suka mendandani kuku, kuku yang panjang penting untuk memberikan wadah kreasi yang lebih leluasa.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/10/24), berikut sederet makanan agar kuku cepat tumbuh dan kuat, antara lain:

1. Daging dan telur

Kuku terdiri dari protein keratin. Konsumsi pangan tinggi protein seperti daging merah dan telur dapat membantu kuku memperbaiki diri, tumbuh, dan mempertahankan kekuatannya.

2. Kacang-kacangan

Tak hanya protein hewani, protein nabati pun juga bermanfaat buat kesehatan kuku Anda.

"Quinoa dan kacang-kacangan juga merupakan pilihan yang bagus untuk mendapatkan protein dalam makanan Anda," ujar Dave Crisalli, pendiri dan CEO Prose Nail Boutique, dikutip dari Food Network.

Ia menyarankan untuk menambahkan biji rami yang kaya protein dan zat besi. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kuku rapuh.

3. Air dan pangan tinggi kandungan air

Penata kuku dan pendiri The Editorial Nail, Gracie J. menyebutkan bahwa, hidrasi penting bagi kesehatan kuku. Minyak kutikula penting di bagian luar, sementara air penting di bagian dalam.

"Air membantu pengiriman nutrisi dan oksigen ke sel-sel," ujarnya, seperti dikutip dari laman Martha Stewart. Kekurangan cairan atau dehidrasi membuat kuku rapuh, kering, dan mudah patah.

Tak hanya air, penuhi kebutuhan cairan dengan makanan tinggi kandungan air seperti buah-buahan, sayuran, dan sup.

4. Sayuran hijau

Salah satu makanan agar kuku cepat panjang adalah sayuran hijau. Sayuran hijau tinggi kandungan kalsium, zat besi, dan antioksidan.

Sebaiknya, masukkan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi dalam diet harian. Sayuran tak perlu dimasak terlalu lama atau dikonsumsi sebagai lalapan agar kandungan gizinya tidak banyak hilang.

5. Sayuran oranye dan kuning

Sayuran yang tak boleh ketinggalan adalah sayuran berwarna oranye dan kuning. Warna oranye-kuning ini diperoleh dari kandungan beta karoten.

"Beta-karoten seperti wortel, labu kuning, dan ubi jalar kaya kandungan beta karoten merupakan bahan penting untuk pertumbuhan kuku," tuturnya.

6. Lemak sehat

Lemak diperlukan untuk kesehatan kuku, terutama lemak sehat. Lemak sehat dapat diperoleh dari alpukat, minyak zaitun, atau konsumsi suplemen makanan.

7. Sup kaldu tulang

Dalam semangkuk sup, Anda bisa mendapatkan aneka nutrisi dalam sekali makan. Sebaiknya, pilih kaldu tulang untuk membuat sup agar kuku cepat panjang. Kaldu tulang kaya akan kolagen alami yang berkontribusi pada kuku kuat dan sehat.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment