Cegah Gagal Ginjal Akut, Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Terkait Petunjuk Penggunaan Obat Sirop

17 November 2022 - 15:36 WIB

Tribratanews.polri.id - Jakarta. Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair/Sirop pada Anak untuk mencegah peningkatan kasus gagal ginjal akut progresif atipikal. Surat tersebut bernomor HK.02.02/III/3713/2022 tertanggal, 11 November 2022. 

Hingga 15 November 2022, Kemenkes RI mencatat tidak ada lagi kasus baru gagal ginjal akut pada anak.

“Melalui surat edaran ini, seluruh fasilitas Kesehatan dan penyelenggara sistem elektronik farmasi (PSEF) dan toko obat dalam penggunaan obat diminta untuk berpedoman pada penjelasan kepala BPOM terkait daftar obat yang boleh digunakan, dikecualikan dan tidak boleh digunakan,“ terang Jubir Kemenkes RI,  M. Syahril dikutip Tempo.co,  Kamis (17/11/22).

Baca Juga : Kemenkes RI Jamin Stok Vaksin Covid Cukup Untuk Hadapi Nataru

M. Syahril menjelaskan di dalam surat edaran yang baru, mengatur mengenai dua belas obat kritikal yang boleh digunakan namun dengan monitoring tenaga kesehatan. 

Kedua belas obat tersebut diantaranya Asam valproat (Valproic acid), Depakene, Depval, Epifri, Ikalep, Sodium valproate, Valeptik, Vellepsy, Veronil, Revatio sirup, Sildenafil, Viagra sirup, Kloralhidrat (Chloral hydrate) sirup.

“Diluar dari daftar yang ada sebaiknya jangan digunakan dulu, tunggu hasil penelitian lebih lanjut,” tutup Jubir Kemenkes RI.


(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment