Indonesia–UAE Sepakat Kerja Sama Dalam Mengatasi Kasus TBC di Indonesia

16 November 2022 - 12:07 WIB
Foto : (kabartangsel.com)

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Indonesia menjalin kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA) dalam mengentaskan penyakit menular tuberkulosis (TBC).

Kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebagai Chair B20 dengan perusahaan asal UEA pada Senin, 14 November 2022 di Bali.

Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

"Kerja sama ini merupakan tonggak penting dalam membangun kapabilitas Indonesia melalui transfer teknologi dan pengetahuan, serta memanfaatkan solusi terbaik di kelasnya untuk meningkatkan ekosistem kesehatan Indonesia,” terang Budi Gunadi Sadikin dilansir Liputan6.com, Selasa, (15/11/22).

Baca juga : Pemerintah Tak Wajibkan Vaksin Meningitis Bagi Jamaah Umrah

Dalam upaya pengentasan penyakit TBC, perusahaan asal timur tengah itu akan mengembangkan pusat kesehatan dengan perusahaan Indonesia. Perusahaan yang dituju merupakan perusahaan yang kuat mampu bersaing secara internasional.

Perusahaan Indonesia yang dipilih diantaranya yang memimpin langkah menuju transformasi kesehatan di sektor swasta dan pengalaman dalam genom sekuensing dan analisis data.

Sebelumnya, UEA menyatakan berkomitmen membantu Indonesia dalam pencegahan tuberkulosis. Indonesia mendapatkan bantuan dana kesehatan mencegah penyakit menular tersebut.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment