Cegah Anemia Hingga Atasi Masalah Kulit, Ini Sederet Manfaat Bengkuang bagi Wanita

9 June 2024 - 07:31 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Manfaat bengkuang untuk wanita berasal dari kandungan gizinya yang melimpah. Umbi bernama latin Pachyrhizus erosus ini mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin A, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin C, dan vitamin E.

Selain itu, bengkuang juga mengandung banyak mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, sampai selenium.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (6/6/24), berikut sederet manfaat bengkuang bagi wanita yang wajib dicobai, antara lain:

1. Mencegah dehidrasi

Kandungan air di dalam bengkuang tidak jauh berbeda dengan mentimun dan semangka. Itu artinya, bengkuang termasuk umbi tinggi air yang baik untuk menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian sangat penting agar sel, jaringan, serta organ tubuh bisa berfungsi dengan baik.

2. Memutihkan kulit

Bengkuang sudah digunakan secara turun-temurun sebagai salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit. Manfaat ini ternyata memang benar adanya. Khasiat bengkoang untuk memutihkan kulit berasal dari kandungan antioksidan dan aneka vitamin, seperti vitamin B, vitamin C dan vitamin E.

Riset menyebutkan bahwa konsumsi bengkuang maupun penggunaan bengkoang sebagai masker alami untuk wajah dan kulit bisa membantu memutihkan kulit serta memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan polusi.

Tak hanya itu, bengkoang juga mengandung air dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Berkat kandungannya tersebut, bengkuang dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit tidak kering.

3. Mengencangkan kulit

Salah satu manfaat bengkuang untuk wanita adalah bisa membuat kulit jadi lebih kencang dan kuat. Ini karena kandungan vitamin C di dalam buah bengkoang dapat merangsang produksi kolagen serta mendukung proses perbaikan jaringan kulit baru yang sehat.

Karena perannya ini, bengkuang bisa membantu menyamarkan bekas luka di kulit sekaligus memperkuat skin barrier. Selain dikonsumsi langsung, kamu bisa memperoleh manfaat bengkoang ini dengan rutin menggunakan masker bengkoang pada kulit.

4. Mengusir tanda penuaan dini di wajah

Bagi wanita, munculnya tanda-tanda penuaan kulit di wajah, seperti keriput, pori-pori membesar, bintik atau flek hitam, sampai wajah terlihat kasar dan kusam, merupakan sebuah mimpi buruk.

Tak hanya rutin menggunakan skincare yang cocok dan sesuai jenis kulit serta rajin berolahraga, mengonsumsi makanan yang bagus untuk kulit, seperti tomat, bengkuang, anggur, dan alpukat, terbukti bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini di wajah.

Tak hanya itu, untuk mencegah penuaan dini di kulit dan wajah, rutin melakukan perawatan kulit dan memakai skincare yang tepat juga penting.

5. Mencegah dan mengatasi sembelit

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalam bengkuang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, bengkoang juga mengandung prebiotik yang baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Dengan begitu, saluran cerna jadi lebih sehat dan masalah pencernaan seperti sembelit pun bisa diatasi dan dicegah.

6. Meredakan nyeri haid

Sering merasakan nyeri haid setiap bulannya? Coba deh, mulai rutin makan buah bengkuang. Buah ini mengandung sejumlah mineral dan antioksidan yang bisa meredakan keluhan nyeri haid.

Beberapa riset menyebutkan bahwa kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang ada dalam bengkuang bisa mengatasi perut kembung dan nyeri payudara saat menstruasi dan meringankan gejala PMS.

7. Mengurangi keluhan morning sickness

Ada kabar baik bagi wanita hamil, nih. Konsumsi bengkoang bisa mengurangi keluhan morning sickness, lho. Ini karena bengkuang mengandung vitamin B6 yang diketahui bisa meredakan rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Tak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, vitamin B6 juga berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang, serta proses perkembangan otak dan sistem saraf janin.

8. Mencegah anemia

Manfaat bengkuang untuk wanita selanjutnya adalah mencegah anemia. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat besi dan folat di dalam umbi berwarna putih ini. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh wanita tidak bisa memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang normal karena kekurangan vitamin B12, folat, juga zat besi.

Tak hanya itu, bengkuang juga kaya akan vitamin C, yakni vitamin yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

9. Mencegah osteoporosis

Bagi wanita, khususnya yang sudah menopause, kepadatan tulang bisa terus berkurang. Dengan begitu, risiko terjadinya osteoporosis pun akan meningkat. Untuk mencegah hal ini terjadi, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seperti bengkuang, sangat dianjurkan.

Soalnya, umbi ini mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang, seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, juga magnesium.

10. Mengontrol berat badan

Salah satu manfaat bengkoang untuk wanita adalah bisa mengurangi berat badan dan menjaganya agar tetap ideal. Ini karena bengkuang rendah kalori tapi tinggi akan serat, vitamin, dan mineral.

Tak hanya itu, bengkuang juga kaya akan serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa lebih terkontrol. Dengan begitu, berat badan pun bisa menurun dan diet akan jadi lebih sukses.

Namun, tak hanya dengan makan bengkuang, kamu juga perlu rutin olahraga serta mengontrol porsi makan agar berat badan bisa turun dan terkontrol, ya.

11. Mengontrol kadar gula darah

Buah bengkuang termasuk buah yang memiliki indeks glikemik rendah karena seratnya tinggi, tetapi kadar gulanya rendah. Oleh karena itu, buah ini baik untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes. Pada ibu hamil, umbi ini juga cocok dikonsumsi untuk mencegah dah mengontrol diabetes gestasional.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment