Catat, Ini Sederet Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambut

23 June 2024 - 08:00 WIB
Pexels

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Manfaat jeruk nipis untuk rambut ini bisa diperoleh dari konsumsi jeruk nipis secara rutin sebagai bagian dari diet sehat sehari-hari. Namun, kamu juga bisa mengoleskan langsung air perasan jeruk nipis ke kulit kepala dan rambut atau menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak jeruk nipis.

Adapun itu, berkat kandungan antioksidan dan nutrisi lain di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin B, zinc, dan zat besi. Limpahan nutrisi ini bisa menjaga kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Jeruk nipis sudah terkenal sebagai buah yang sehat bagi tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi, termasuk vitamin C. Tak hanya bagi tubuh, manfaat jeruk nipis untuk rambut juga tak kalah banyak, nih.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (20/6/24), berikut sederet manfaat jeruk nipis bagi rambut yang menarik untuk disimak, antara lain:

1. Mengatasi kulit kepala berminyak

Minyak berlebih di kulit kepala bisa menyebabkan rambut terasa lepek, bau, dan gerah sepanjang waktu. Kalau tidak ditangani dengan baik, kondisi ini lama-kelamaan dapat menimbulkan ketombe.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mengatasi masalah rambut ini. Asam sitrat akan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala, menjadikannya terasa bersih dan tidak lepek.

2. Membasmi ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kulit kepala berminyak, eksim di kulit kepala, dermatitis seboroik, hingga psoriasis.

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah bisa mengatasi ketombe. Ini karena jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi minyak, dan meredakan iritasi di kulit kepala, sehingga ketombe pun bisa teratasi.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C, zinc, dan antioksidan yang bisa menutrisi kulit kepala dan akar rambut.

Namun, jika ketombe masih juga tidak teratasi dengan penggunaan jeruk nipis, ini artinya kamu perlu mengatasi penyebab ketombe sesuai dengan penyebabnya, ya. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan pengobatan dari dokter.

3. Mencegah dan mengatasi rambut kusam

Manfaat jeruk nipis untuk rambut selanjutnya adalah mencegah rambut kusam. Hal ini berkat kandungan asam sitrat dan vitamin C di dalam jeruk nipis yang bisa mencerahkan rambut dan mempertahankan warna rambut. Efek ini bekerja paling baik pada warna rambut yang diwarnai dengan warna terang, seperti pirang atau coklat muda.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Tak hanya mencegah rambut kusam dengan membuat warna rambut lebih keluar, asam sitrat dalam jeruk nipis juga bisa menjaga kilau alami rambut indahmu, lho. Jeruk nipis akan membuat rambutmu senantiasa berkilau, terlebih saat sedang berada di bawah paparan sinar matahari.

5. Mengurangi rambut rontok

Untuk kamu yang sedang berjuang mengatasi rambut rontok, cobain tips ini, deh. Penggunaan jeruk nipis dalam perawatan rambut bisa mengurangi rambut rontok. Hal ini berkat kandungan antioksidan flavonoid yang mampu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut dan mengurangi laju kerontokan rambut.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung zat besi yang membantu tubuh memproduksi hemoglobin. Hemoglobin akan membawa oksigen yang berperan dalam perbaikan dan pertumbuhan sel rambut. Efeknya, rambut rontok akan berkurang.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Selain mengurangi rambut rontok, jeruk nipis juga mengandung antioksidan quercetin dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan menutrisi rambut. Dengan begitu, akar-akar rambut akan tumbuh subur dan lebih lebat sehingga rambut pun bisa tampak lebih indah.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment