Inilah Buah Sekaligus Rembah Khas Indonesia Dengan Berbagai Manfaat Nutrisi pada Tubuh

22 June 2024 - 21:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buah pala merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang banyak ditemukan di Kepulauan Banda Naira, Maluku, tidak hanya itu buah pala juga ternyata menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Pasalnya, rempah-rempah ini mengandung berbagai nutrisi.

Berikut sejumlah manfaat buah pala untuk kesehatan yang belum banyak diketahui:

1. Tingkatan Kesehatan Pencernaan

Buah pala mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh. Diketahui buah ini memiliki sifat karminatif yang berarti bisa meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan.
Senyawa aktif yang ada dalam pala bisa membantu merangsang enzim pencernaan sehingga dapat memperbaiki proses pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan.

2. Kurangi Nyeri dan Peradangan

Buah Pala mengandung senyawa anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi nyeri serta peradangan dalam tubuh. Bahkan minyak esensial dari pala kerap digunakan untuk pengobatan tradisional dalam meredakan nyeri otot dan sendi.

3. Menjaga kesehatan mulut

Buah Pala mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mulut karena senyawa aktif dalam pala dapat melawan bakteri penyebab bau mulut dan masalah gigi lainnya.

4. Tingkatkan Kesehatan Otak

Buah Pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan yang diketahui mempunyai sifat neuroprotektif sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer.
Berdasarkan penelitian kandungan senyawa tersebut juga bisa menghambat enzim yang menyebabkan degenerasi neuron sehingga diklaim bisa menjaga kesehatan otak.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Buah pala termasuk obat alami yang bisa mengatasi masalah insomnia dan membantu meningkatkan kualitas tidur, hal tersebut karena kandungan magnesium dalam pala yang bisa membantu melemaskan saraf dan menginduksi tidur.

Pala juga mempunyai sifat sedatif alami dari myristicin yang dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga bisa mempermudah tidur yang nyenyak.


(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment