Busui Wajib Tahu, Ini Sederet Cara Atasi Payudara Lecet Secara Alami

16 June 2024 - 07:15 WIB
Freepik

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Seorang ibu tentu akan mengusahakan segalanya untuk kebaikan buah hatinya. Termasuk dalam berusaha untuk memberikan ASI eksklusif pada anak hingga dirinya genap berusia dua tahun.

Dengan demikian, selama masa menyusui, pastinya ada tantangan yang juga perlu dihadapi oleh seorang ibu. Salah satunya adalah munculnya rasa sakit pada payudara. Perlu diketahui bahwa sakit di payudara ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Namun, yang umum terjadi pada ibu adalah payudara yang lecet akibat menyusui. Puting susu bisa terluka saat menyusui anak, apalagi ketika gigi Si Kecil mulai tumbuh. Ibu pasti merasakan bagaimana sakit dan sulitnya melakukan hal ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (11/6/24), berikut sederet cara mengatasi payudara lecet akibat menyusui, antara lain:

1. Pilih Posisi Menyusui yang Ideal

Ketika akan menyusui Si Kecil, pastikan agar ibu dan bayi dalam posisi yang nyaman. Posisi paling ideal adalah Si Kecil harus menghadap ke arah payudara. Dan buat posisi ibu agar puting pas di mulut bayi. Jika menyusui sambil berbaring di tempat tidur, ibu juga mesti memutar posisi berbaring sesuai dengan di payudara sebelah mana Si Kecil menyusu.

2. Istirahatkan Puting Susu

Jika puting susu terluka, sebaiknya hindari mengenakan bra dan terkena gesekan pakaian sementara waktu. Bila puting susu sudah terluka, biarkan puting tersebut terkena udara bebas sejenak setelah menyusui. Lindungi puting susu dari gesekan pakaian untuk sementara waktu.

3. Keringkan Payudara

Gunakan nursing pad untuk mengeringkan payudara yang basah setelah menyusui. Jika nursing pad yang digunakan sudah basah sebaiknya langsung ganti yang baru. Penggunaan nursing pad seharusnya tetap bersih dan tidak lembap agar tidak menjadi sarang bakteri.

4. Oleskan ASI

Obat alami dari puting susu yang terluka adalah ASI itu sendiri. Jadi oleskan ASI pada luka di puting. Selanjutnya, biarkan ASI yang dioleskan kering dengan sendirinya agar proses penyembuhan luka berjalan optimal.

5. Gunakan Pelembap

Puting susu sebenarnya dilindungi oleh kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit. Maka dari itu, penggunaan pelembab yang mengandung lanolin bisa mencegah dan menyembuhkan luka pada puting susu. Bersihkan dulu puting susu sebelum mulai menyusui lagi.

6. Mandi dengan Air Hangat

Ibu juga dapat mandi dengan air hangat setiap selesai menyusui. Selanjutnya, ibu bisa menggunakan kompres hangat dan lembab ke area payudara yang sakit untuk membantu penyembuhannya. Tak hanya itu, ibu juga dapat membeli pembalut yang dirancang khusus untuk payudara dan puting.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment