Berikut Tips Menjaga Kulit Wajah Agar Sehat dan Cantik

10 February 2023 - 07:00 WIB
rsjakarta.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Kesehatan kulit wajah yang terganggu dapat membuat kita tidak percaya diri, apalagi beraktivitas setiap hari. Untuk itu kesehatan kulit wajah harus diperhatikan, karena dapat memicu munculnya gangguan kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, kita perlu memahami beberapa cara merawat, agar wajah selalu sehat. Berikut bebrapa tips untuk menjaga kesehatan kulit wajah dilansir dari rri.co.id.: 

Baca juga : Simak 5 Jenis Makanan Pribiotik yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

1. Rutin mencuci wajah menggunakan pelembap
Tips kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang pertama adalah membersihkan kulit Anda dari kotoran, dan bakteri. Bila Anda merasa kulit menjadi kering, sebaiknya gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Tidur cukup
Mencukupi kebutuhan tidur penting bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Jika Anda ingin kulit wajah kencang, dan tampak awet muda. Bila Anda kurang tidur, hal ini dapat membuat kulit wajah terlihat lelah, dan kusam. Namun, bila Anda terlalu sering tidur, maka akan berimbas pada munculnya kantung mata, atau lingkaran gelap di bawah mata.

3. Lindungi kulit wajah dari sinar matahari
Anda perlu melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Khususnya saat matahari berada pada ketinggian tertingginya yaitu pada pukul 10.00 sampai 16.00. Gunakan pelindung matahari yang memiliki SPF lebih dari 15, sekitar 20 menit sebelum beraktivitas ke luar ruangan. Kenakan juga pakaian pelindung seperti baju, dengan lengan panjang, celana panjang, atau topi.

4. Jangan stres
Stres dapat mendorong kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol. Kortisol merupakan hormon utama stres yang menjadi salah satu penyebab produksi lemak dari kelenjar sebasea. Jumlah lemak terlalu banyak dapat menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Maka dari itu, Anda harus berusaha mengurangi tingkat stres.

5. Konsumsi makanan bergizi dan banyak minum
Tips kecantikan dan kesehatan wajah yang tidak kalah penting adalah merawatnya dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat, dan bergizi agar membantu Anda menjaga kecantikan, dan kesehatan kulit. Buah, dan sayuran merupakan salah satu cara paling penting dalam membuat kulit wajah. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan air putih 8-10 gelas sehari agar kulit dapat terjaga kelembapan kulit. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment