Simak 5 Jenis Makanan Pribiotik yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

10 February 2023 - 06:01 WIB
lifestyle.okezone.com

Tribratanews.polri.go.id - Probiotik adalah sekumpulan bakteri hidup atau mikroorganisme yang dapat ditemukan dalam makanan fermentasi dan suplemen.

Produk-produk probiotik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan otak. Seperti dilansir dari pmjnews.com, Rabu (8/2/23) berikut jenis makanan probiotik yang tergolong sehat.

Baca juga : BPOM: Obat Sirop Praxion Aman Dikonsumsi

1. Tempe
Tempe merupakan produk kedelai yang difermentasi. Kedelai biasanya tinggi asam fitat, senyawa tanaman yang mengganggu penyerapan mineral seperti besi dan zinc. Kedelai yang difermentasi dapat menurunkan jumlah asam fitat dan meningkatkan jumlah mineral yang dapat diserap tubuh dari tempe. Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak terkandung dalam kedelai. 

2. Kimchi
Kimchi yang merupakan makanan khas Korea mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus kimchii, serta bakteri asam laktat lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kimchi terbuat dari kubis, kaya akan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, riboflavin (vitamin B2), dan zat besi.

3. Yogurt
Yogurt menjadi salah satu sumber probiotik terbaik, mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan. Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh probiotik, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Yogurt banyak dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan tulang dan juga bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Kombucha
Kombucha adalah minuman teh hitam atau hijau yang difermentasi. Teh ini populer dan difermentasi oleh koloni bakteri dan ragi yang bersahabat untuk tubuh. Namun untuk manfaat dari Kombucha sendiri, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak lagi.

5. Natto
Natto kaya akan protein dan Vitamin K2, yang penting untuk kesehatan tulang dan jantung. Natto mengandung strain bakteri yang disebut bacillus subtilis. Natto biasanya dimakan dengan cara dicampur dengan nasi dan disajikan dengan sarapan. Aroma yang khas dengan tekstur yang lengket, serta rasa yang kuat.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment