Berikut 5 Cara Hindari Influenza saat Musim Hujan

1 February 2023 - 18:20 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Musim hujan dapat membuat daya tahan tubuh seseorang menurun, sehingga lebih mudah terinfeksi penyakit. Agar vitalitas tubuh terjaga saat musim hujan, kita tentu bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah influenza menyerang.

Baca juga : Simak! Ini Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Berikut ini 5 cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan yang dirangkum dari berbagai sumber, seperti yang dikutip dari rri.co.id.

1. Konsumsi Vitamin
Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C secara teratur, dengan hal itu anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi vitamin C juga mencegah penyakit umum saat musim hujan seperti batuk dan flu. 

2. Konsumsi Makanan Bergizi
Makan makanan bergizi bisa mencegah berbagai penyakit saat musim hujan, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi junk food. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat lebih memiliki daya tahan.

3. Tetap Terhidrasi
Mengonsumsi cukup cairan, minuman hangat dan minum jus atau buah-buahan yang banyak mengandung air seperti buah semangka atau mangga. Tetap terhidrasi membuat tubuh terhindar dari flu. 

4. Rajin Cuci tangan
Mencuci tangan dapat mencegah penyakit umum seperti batuk, flu, atau demam. Teknik mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun ke seluruh tangan, termasuk kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan.

5. Penggunaan Masker
Salah satu cara untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah dengan menggunakan masker saat berada di ruang publik. Ruang publik biasanya menjadi sarang penyakit menular seperti flu dan batuk, dengan menggunakan masker, anda dapat mencegah penularan. 

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment