Inilah Ciri - ciri Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

1 February 2023 - 12:00 WIB
mamaschoice.id

Tribratanews.polri.go.id - Ciri-ciri hamil muda umumnya berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Kehamilan membuat tubuh mengalami banyak perubahan. Mulai dari berat badan, bentuk tubuh, hingga kondisi emosi. Perubahan suasana hati merupakan hal wajar saat hamil karena adanya hormon kehamilan. Selasa, (31/1/23).

Baca juga : Kementerian Kesehatan Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks

Melansir dari nakita.grid.id, berikut adalah sejumlah tanda kehamilan muda :

1. Sembelit

Ibu hamil bisa mengalami sembelit karena hormon kehamilan bekerja memperlambat organ pencernaan. Bisa mengatasinya dengan mengonsumsi cairan dalam jumlah lebih banyak. Selain itu, lakukan olahraga ringan dan konsumsi makanan kaya serat.

2. Payudara berubah

Payudara akan berubah saat hamil karena adanya pengaruh hormon. Ketika ukuran payudara semakin besar, pastikan kalian mengganti ukuran bra agar lebih nayaman.

3. Lelah

Perasaan lelah saat hamil muda sering dirasakan ibu hamil. Pastikan Moms mendapatkan cukup tidur selagi ada waktu. Kabar baiknya, energi akan kembali setelah melewati trimester pertama kehamilan.

4. Sering buang air kecil

Hormon kehamilan membuat Moms lebih sering ingin buang air kecil. Untuk mengatasinya, jangan membatasi asupan cairan.

5. Heartburn

Heartburn atau nyeri panas di dada bisa menjadi salah satu tanda hamil. Ketika mengalami ini, dianjurkan untuk mengurangi makanan berlemak. Dan lagi, konsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil.

6. Pusing

Pusing dapat disebabkan oleh gula darah yang turun atau perubahan posisi yang tiba-tiba. Moms bisa mengatasi dengan lebih hati-hati saat berpinda posisi. Dan juga yang memiliki riwayat gula darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsi jus buah.

7. Kaki kesemutan

Kaki kesemutan pada ibu hamil biasanya terjadi saat malam hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan konsumsi kalsium.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment