Terganggu Jika Menelan Sesuatu saat Sakit Tenggorokan? Ini Sederet Minuman yang Ampuh Mengatasinya

29 February 2024 - 07:15 WIB
Sayur Box

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sakit tenggorokan banyak dialami saat cuaca tak tentu seperti sekarang. Sakit tenggorokan mengganggu keseharian karena rasa perih yang ditimbulkan. Tak jarang, karena sakit tenggorokan jadi tak nafsu makan.

Meski sulit menelan, saat sakit tenggorokan kamu tetap perlu mengonsumsi makanan maupun minuman yang bersifat meredakan sakit tersebut. Semua makanan dan minuman itu bersifat menenangkan, mudah ditelan, dan kaya nutrisi.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (27/2/24), berikut sederet minuman yang ampuh redakan sakit tenggorokan saat cuaca yang tak menentu, antara lain:

1. Es loli buah

Rasa dingin es dari es loli yang lezat dapat meredakan sakit tenggorokan dengan segera. Namun jangan pikir kalau Anda bisa minum sembarang es loli. Sebaiknya cari es loli yang dibuat dari buah dan jus asli.

Anda bisa membuat es loli dalam cetakan bebas BPA dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberry, jus delima, dan ceri.Anda juga bisa memasukkan sayuran dengan memadukan sayuran berdaun hijau atau bayam dengan buah hijau, seperti kiwi.

Baca Juga: Lakukan Penelitian Strategi Polisi Siber Polri 4.0, Polda Bengkulu Kedatangan Tim Puslitbang Polri

2. Teh chamomile

Seduh sekantong teh chamomile ke dalam secangkir air panas jika nanti Anda sakit tenggorokan.

Tak hanya memberikan senyawa anti inflamasi, chamomile dapat membantu orang cepat tertidur. Beberapa bukti menunjukkan bahwa wanita pasca melahirkan yang minum teh chamomile sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Tidur sangat penting ketika Anda sakit.Tidur memungkinkan tubuh Anda beristirahat sambil melawan bakteri atau virus yang membuat Anda merasa sakit. Jika kurang tidur, jumlah sel pembunuh alami (NK) akan berkurang. Sel NK berperan dalam mengurangi risiko penyakit seperti infeksi virus.

3. Jahe

Akar jahe segar adalah antioksidan kuat. Manfaat jahe yang meningkatkan kesehatan juga mencakup efek antiinflamasi dan antikanker.

Kupas, parut, dan tambahkan jahe ke berbagai minuman sakit tenggorokan seperti teh kamomil dengan madu atau smoothie.

4. Madu

Jika batuk menyertai sakit tenggorokan Anda, madu bisa membantu. Yang manis-manis mungkin bisa dipraktikkan sebagai obat pereda batuk. Selain itu, madu memberikan sifat antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

Carilah madu mentah organik dan tambahkan madu ke dalam teh chamomile atau oatmeal. Bisa juga jadi bahan smoothie atau konsumsi langsung.

5. Smoothie

Smoothie bisa menjadi minuman lengkap. Jika Anda memilih bahan-bahannya dengan baik, smoothie dapat menyediakan protein sehat, lemak baik, dan karbohidrat kaya nutrisi, selain vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jika nafsu makan Anda buruk, satu atau dua smoothie per hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan dan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Haluskan segenggam sayuran dengan bubuk protein, selai kacang atau alpukat, susu kacang atau air, buah beku, jahe segar, kunyit, dan lada hitam.

6. Kaldu sayur

Minuman sakit tenggorokan lainnya adalah secangkir kaldu hangat. Kaldu sayur dapat memberikan nutrisi dan antioksidan.

Tambahan bawang putih di dalamnya mengandung senyawa sulfur yang dapat melawan peradangan serta mengandung senyawa anti bakteri, virus, dan jamur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh, mengurangi gejala pilek, dan flu.

7. Yogurt

Yogurt cocok dimakan saat sakit tenggorokan. Yogurt memiliki vitamin A dan anti-inflamasi. Yogurt mengandung probiotik-bakteri hidup yang bermanfaat bagi sistem pencernaan-yang membantu regulasi sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan yogurt ke dalam smoothie, atau makanlah dengan sedikit madu .Anda juga dapat mencoba yogurt bebas susu dengan bahan dasar seperti almond, kelapa, atau oat.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment