Perlu Diketahui, Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan saat Biduran Kambuh

1 March 2024 - 07:15 WIB
The Healthy

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Biduran merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah, gatal, dan bengkak yang dapat berubah bentuk. Ruam ini biasanya merupakan reaksi alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, gigitan serangga, paparan panas atau dingin, stres, maupun faktor lingkungan.

Biduran biasanya muncul di area kulit manapun, termasuk wajah, telinga, leher, dan seluruh tubuh. Meskipun tergolong kondisi penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya, biduran yang berkelanjutan dapat menjadi biduran kronis yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Ketika mengalami biduran, sistem imunitas tubuh mengeluarkan histamin sebagai pertanda bahwa terdapat zat asing dalam tubuh. Histamin ini memiliki fungsi penting untuk terlibat dalam reaksi alergi yang dapat menyebabkan kulit gatal.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (29/2/24), berikut sederet hal yang perlu dilakukan saat biduran kambuh, antara lain:

1. Hindari faktor pemicu alergi

Biduran terjadi karena dipicu oleh alergi terhadap faktor tertentu seperti makanan maupun lingkungan. Identifikasi faktor pemicu alergi dan hindari hal tersebut agar ruam-ruam di kulit tidak menyebar.

2. Hindari menggaruk kulit

Baca Juga: Agar Tubuh Sehat, Ini 9 Manfaat Kailan yang Sayang untuk Dilewatkan

Ruam-ruam merah yang merupakan reaksi terhadap alergi dapat memberikan sensasi gatal. Meskipun begitu, jangan menggaruknya, ya! Menggaruk area yang terkena biduran akan menimbulkan iritasi dan peradangan kulit.

3. Konsumsi obat antihistamin

Produksi histamin yang berlebihan dapat mengakibatkan reaksi alergi yang tidak terkontrol. Nah, obat antihistamin mampu mengontrol jumlah histamin yang dikeluarkan oleh tubuh.

4. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin ketika biduran kambuh dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menangani biduran. Air dingin dapat membantu untuk menenangkan kulit yang gatal akibat reaksi alergi.

Selain itu, mandi air dingin juga dapat mengatasi penyakit kulit lainnya seperti meredakan eksim (peradangan atau iritasi yang menyebabkan kulit kering dan gatal), dan psoriasis (inflamasi kulit yang menyebabkan noda pada kulit).

5. Menjaga suhu tubuh

Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dapat mengurangi potensi persebaran alergi. Tetaplah berada di dalam ruangan yang sejuk dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung selama biduran kambuh.

Itulah hal yang dapat dilakukan agar biduran yang sedang kambuh tidak menjadi lebih parah. Penting diingat bahwa biduran ringan adalah yang gejalanya dapat hilang dalam waktu yang singkat.

Apabila biduran tidak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment