Baik Bagi Tubuh, Ini 5 Khasiat Daun Singkong yang Kaya Nutrisi dan Tinggi Protein

16 October 2023 - 22:00 WIB
Foto: Pixabay

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mudah dan murah didapatkan, nyatanya daun singkong berkhasiat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang padat dan tinggi protein bantu penuhi kebutuhan nutrisi.

Di Indonesia popularitas daun singkong begitu tinggi, terutama di kawasan pendukung seperti pedesaan. Tak hanya umbinya, daun singkong juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan pelengkap makanan yang enak.

Mulai dari daun singkong rebus hingga gulai daun singkong dengan kuah santan yang creamy berempah. Ternyata daun singkong memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthful Wonders, Minggu (15/10/23), berikut sederet manfaat konsumsi daun singkong:

1. Padat nutrisi

Setelah diteliti oleh ahli, daun singkong ternyata memiliki kandungan mineral dan vitamin yang padat. Pada setiap lembarnya, daun singkong diperkaya dengan zat besi, kalsium, vitamin A, B, C, zinc, potasium, hingga magnesium.

Vitamin dan mineral ini sering kali disebutkan ahli untuk selalu dipenuhi asupannya karena penting untuk tubuh. Kebutuhan vitamin dan mineral di dalam daun singkong dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Ketika vitamin dan mineralnya terpenuhi, tubuh akan lebih mudah untuk memperbaiki sel yang rusak hingga menguatkan imunitas. Para peneliti lebih lanjut mengatakan zat besi, protein, dan zinc pada daun singkong lebih tinggi daripada yang terdapat pada umbinya.

2. Tinggi protein

Bagi pelaku diet vegan dan atau vegetarian, daun singkong dapat menjadi asupan alternatif. Kadar proteinnya nabatinya yang tinggi dapat menggantikan asupan protein hewani yang dihindari para pelaku diet tertentu.

Setelah berbagai pengamatan yang dilakukan ahli, kadar protein di dalam daun singkong dapat bersaing dengan protein pada telur. Pada 100 gram daun singkong disebut mengandung 3,2 gram protein yang dibutuhkan tubuh.

Protein menjadi salah satu nutrisi makro yang harus dipenuhi setiap hari oleh tubuh baik dalam bentuk hewani maupun nabati. Kadar protein yang tinggi tersebut membuat ahli merekomendasikan daun singkong untuk pelaku vegan dan vegetarian.

Baca Juga:  Bukan Hanya Diabetes, Penyakit Ini Juga Ada Akibat Gula Darah Tinggi

3. Kaya antioksidan

Di balik warnanya yang hijau pekat ternyata daun singkong menyimpan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang ada di dalam daun singkong berupa perpaduan vitamin C, flavonoid, dan karotenoid.

Asupan antioksidan yang cukup dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dan penyakit kronis. Misalnya seperti menekan pertumbuhan sel kanker, diabetes, hingga penyakit jantung yang mematikan.

Para peneliti menemukan bahwa kandungan antioksidan di dalam daun singkong secara khusus dapat mencegah pertumbuhan jenis kanker tertentu. Tak hanya itu konsumsi daun singkong juga dapat mencegah gangguan metabolis.

4. Menyehatkan pencernaan

Teksturnya yang kasar ternyata membuktikan bahwa daun singkong dilengkapi dengan serat alami yang diperlukan tubuh. Asupan serat yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Ketika tubuh kekurangan asupan serat maka akan berdampak pada penurunan pencernaan yang berujung dengan gejala seperti sembelit. Tak harus dikonsumsi dalam jumlah banyak, menambahkan sedikit daun singkong dalam menu makan sudah bisa memberikan pengaruh besar.

Tak hanya itu, serat daun singkong juga terbukti efektif untuk mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi daun singkong juga cocok diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kesehatan usus.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Daun singkong memiliki kandungan unik yang dapat membuat organ tubuh bekerja sesuai fungsinya. Daun singkong juga memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh yang mengalami luka juga dapat diatasi dengan konsumsi daun singkong. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh ahli melalui berbagai penelitian dan pengamatan yang dilakukan di laboratorium.

Pada berbagai penelitian disebutkan adanya kandungan flavonoid dan agen fitokimia lainnya yang berperan sebagai antiinflamasi di dalam daun singkong. Bahkan menurut catatan medis, ada beberapa kepercayaan yang menggunakan daun singkong secara langsung untuk menyembuhkan luka dan pembengkakan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment