Jarang Diketahui, Ini Sederet Cara Obati Mulut Pahit di Rumah

16 October 2023 - 21:30 WIB
Foto: iStockPhoto

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Adanya rasa pahit setelah mengonsumsi sesuatu yang pahit sebenarnya adalah hal wajar. Namun jika Anda merasakan pahit di mulut walau sebelumnya tidak makan dan minum apa pun, ini bisa mengisyaratkan kondisi kesehatan yang kamu alami.

Rasa pahit di mulut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kehamilan, kesehatan mulut yang buruk, mulut kering (xerostomia), sindrom mulut terbakar, masalah gigi dan gusi, asam lambung, konsumsi obat-obatan dan suplemen, hingga stres.

Dilansir dari Healthline, Minggu (15/10/23), beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk atasi kondisi ini, dengan mencoba perawatan rumahan ini juga:

1. Merawat Kebersihan Mulut

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Praktikkan perawatan mulut yang baik dengan sikat gigi dua kali sehari, pakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip, gunakan obat kumur antibakteri, dan periksa gigi secara teratur.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih maka mulut akan menghidrasi tubuh dan menjaga mulut tetap lembap. Selain itu, kamu juga akan lebih sering buang air kecil. Ini dapat bantu kamu membuang zat-zat dalam tubuh yang mungkin berkontribusi dalam menyebabkan mulut pahit.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa mendorong mulut untuk bantu tingkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut tidak terlalu kering. Dengan permen karet juga, rasa pahit atau asam dalam mulut dapat tertutupi. Namun ingat, pilih permen karet bebas gula, ya.

Baca Juga:  Lakukan 3 Hal Ini Setiap Pagi Agar Tidak Bad Mood Seharian

4. Berkumur dengan Soda Kue

Kamu dapat gunakan larutan soda kue untuk bantu menghilangkan rasa tidak enak dalam mulut. Caranya dengan mencampurkan ½ sdt garam dan 1 sdt soda kue ke dalam segelas air, lalu aduk rata. Kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Hindari Makanan Pedas

Salah satu penyebab rasa pahit di mulut adalah kondisi asam lambung. Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi atau hindari makan pedas yang bisa memicu naiknya asam lambung.

6. Kurangi Konsumsi Alkohol-Kopi

Selain makanan, ada juga sejumlah minuman yang dapat memicu asam lambung naik, seperti kopi, alkohol, minuman citrus, soda, hingga cokelat. Karenanya, kurangi dan kalau bisa hindari berbagai minuman tersebut.

7. Berhenti Merokok

Penyebab lain yang mampu menimbulkan mulut pahit atau asam adalah merokok atau penggunaan produk tembakau. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan satu ini agar rasa tidak enak dalam mulut dapat teratasi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment