Agar Perut Nyaman, Ini 5 Minuman yang Menyehatkan Pencernaan

9 January 2024 - 07:15 WIB
iStockphoto

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sistem pencernaan perlu dijaga kesehatannya karena punya peran penting dalam menyerap nutrisi makanan. Jika kesehatannya terganggu, bukan tidak mungkin kamu mengalami gejala seperti sulit buang angin hingga gerakan usus yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Mengatasi hal tersebut, coba konsumsi minuman yang mampu menenangkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, sekaligus membuat penyerapan nutrisi lebih maksimal. Beberapa minuman diketahui memiliki manfaat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/1/24), berikut sederet minuman yang bisa bantu sehatkan pencernaan, antara lain:

1. Air putih

Bukan rahasia lagi kalau air putih punya peran amat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Pun untuk kesehatan pencernaan. Kamu disarankan mengonsumsi air hangat karena membantu performa bakteri di usus lebih baik.

Melansir Ayo Sehat dari Kementerian Kesehatan RI, minum air putih juga bantu melancarkan buang air besar. Hal ini karena air putih bersifat melunakkan feses dan mencegah sembelit.

2. Teh herba dan rempah

Jika ingin minuman dengan tambahan rasa, kamu bisa mengonsumsi teh herba dan rempah. Pilihannya beragam, termasuk teh kunyit, teh peppermint, dan teh jahe.

Baca Juga: Waspada, Ini 4 Penyakit Kulit jika Sering Terpapar Banjir

Aneka herba dan rempah yang diseduh dengan air hangat ini bersifat mengurangi inflamasi dan meredakan gejala gangguan pencernaan. Kalau mau tambah enak, kamu bisa menambahkan sedikit madu.

3. Jus hijau

Kesehatan pencernaan juga bisa dijaga dengan rutin konsumsi jus hijau. Biasanya diracik dari bayam, mentimun, seledri, kale, apel, dan jahe hingga lemon sebagai penambah rasa.

Jus hijau tinggi kandungan air dan serat yang membantu 'limbah' mudah melewati sistem pencernaan. Alhasil, buang air besar pun jadi lebih efektif dan minim rasa sakit.

4. Kombucha

Beberapa pelaku hidup sehat kini menggemari kombucha. Minuman ini sederhananya adalah teh jamur. Dibuat dari fermentasi teh bersama gula dan kultur simbiotik bakteri dan ragi (SCOBY).

Kombucha kaya akan kandungan probiotik yang membuatnya menyehatkan sistem pencernaan. Penelitian juga membuktikan minum kombucha juga bantu penyerapan nutrisi makanan lebih maksimal. Kombucha kini banyak dijual di pasaran.

5. Kefir

Selain kombucha, kefir juga minuman yang mampu menyehatkan pencernaan karena kaya probiotik. Kefir merupakan produk susu fermentasi yang dicampurkan dengan butiran kefir.

Melansir Alodokter, kefir selintas mirip yogurt, tapi konsistensinya lebih cair. Rasanya juga lebih tajam dan bersoda. Tak hanya unggul karena probiotik, kefir juga menyehatkan pencernaan karena mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat membantu pemulihan kondisi saluran cerna.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment