5 Kebiasaan di Malam Hari Yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

3 October 2023 - 21:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Simak kebiasaan baik di malam hari agar otak sehat dan ingatan tajam, Karena apa yang Anda lakukan di malam hari turut memengaruhi kesehatan otak Anda.

Bukan hanya soal nutrisi yang dikonsumsi ke tubuh, tapi juga kebiasaan Anda mulai dari bangun hingga tidur mempengaruhi Kesehatan otak.

Waktu malam hari, tidur jelas memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh dan secara keseluruhan termasuk kesehatan otak.

Tapi tak cuma tidur, ada beberapa kebiasaan lain di malam hari yang bisa ikut meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja itu?

1. Jauhkan ponsel setidaknya 2 jam sebelum tidur

Dilansir dari cnnindonesia, Studi yang diterbitkan di Journal of The Association for Consumer Research menemukan, ponsel yang berada dalam jangkauan mengakibatkan 'brain drain'.

Penggunaan ponsel mampu mengurangi kapasitas kognitif, termasuk memori kerja, pembelajaran, penalaran logis, pemecahan masalah, dan kreativitas pada saat tidur maka dari itu, jauhkan diri dari ponsel sebelum tidur untuk menghindari paparan cahaya biru (blue light) yang akan menekan melatonin atau hormon yang menyebabkan kantuk.

Baca Juga:  Ahli: Cara Menjabat Tangan Dapat Menggambarkan Kondisi Kesehatan

Penggunaan ponsel berdekatan dengan jam tidur akan membuat Anda merasa lebih waspada dan alam mimpi jadi sulit dipahami.

2. Baca Buku

Membaca sebelum tidur terbukti mampu menenangkan otak dan meningkatkan kecerdasan. "Membaca secara konsisten terbukti memfasilitasi permulaan tidur, meminimalkan kecemasan dan menenangkan otak. Orang yang membaca secara teratur memiliki hasil kognitif yang lebih baik," ungkap Reid Kehoe, neuropsikolog di Northwestern Medicine, mengutip dari Livestrong.

3. Tidur yang Cukup

Kebiasaan ini terus digaungkan para ahli kesehatan, karena tidur memang sangat penting dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berkaitan dengan otak, Forbes melaporkan, kurang tidur mengganggu memori dan pembelajaran. Otak jadi lebih lambat berpikir, Anda gampang lupa, dan fokus hanya berlangsung singkat.

4. Jam tidur dan bangun tetap

Waktu tidur yang konsisten jadi salah satu kebiasaan baik di malam hari. Anda bisa memasang pengingat atau alarm agar tahu waktunya tidur dan bangun.

"Waktu tidur yang tidak teratur membuat ritme tidur lebih sulit dipertahankan, yang dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif," ujar Kehoe.

5. Gunakan wewangian yang menenangkan

Penelitian menemukan bahwa, penggunaan wewangian seperti minyak atsiri pada diffuser selama dua jam tiap malam bisa meningkatkan kemampuan mengingat.

Melansir dari Express, Center for the Neurobiology of Learning and Memory di University of California melibatkan 43 orang dewasa tua antara 60-85 tahun. Mereka dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok yang terekspose wewangian.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment