Tingkatkan Keamanan di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Kapolda Kaltara Resmikan Pos Brimob Kompi 3 Batalyon A di Sebatik Utara

28 December 2022 - 12:39 WIB
Foto : Dok. Polda Kaltara

Tribratanews.polri.go.id – Sebatik Utara. Tingkatkan keamanan di perbatasan Indonesia-Malaysia, Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara), Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., meresmikan Pos Brimob Kompi 3 Batalyon A di Kecamatan Sebatik Utara.,Selasa (27/12/22).

“Secara geografis, Sebatik ini merupakan wilayah paling Utara dimana berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia. Tentunya hal ini mendatangkan hal – hal positif seperti halnya arus manusia dan barang, namun hal ini juga memiliki tingkat kerawanan penyelundupan,” jelas Kapolda Kaltara.

“Ini merupakan wujud perhatian dari Pemerintah dan kami dari Polri ada di tengah–tengah masyarakat hadir di pulau – pulau terluar dan Polri juga akan terus bersinergi dengan unsur TNI seperti marinir dan Pamtas serta tentunya juga dukungan dari masyarakat, sehingga tercipta kondisi yang aman,” ungkap Kapolda Kaltara.

Baca Juga : Antisipasi Padatnya Arus Lalu Lintas pada Momen Pergantian Tahun, Polda Jabar Fokus Pengamanan di 4 Jalur Wisata

Dalam kesempatannya, Dansat Brimob Polda Kaltara, Kombes. Pol. Noor Hudaya, S.I.K, M.Han., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Kaltara atas kesempatan waktu yang diberikan untuk dapat meresmikan Pos Brimob yang berada di Kecamatan Sebatik Utara. Selanjutnya, Dansat Brimob tidak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Pemda Nunukan atas peran dan patisipasinya diresmikan Pos Brimob Sebatik.

Dansat Brimob Polda Kaltara menjelaskan, untuk kekuatan Pos Brimob Sebatik ini sebanyak 25 personil dan nantinya merupakan cikal bakal menjadi Kompi. Dan personil yang bertugas di Pos Brimob ini 70% berasal dari Sebatik dan Kabupaten Nunukan. Dansat Brimob Polda Kaltara juga memohon dukungan dan partisipasi masyarakat, karena berdirinya Pos Brimob ini merupakan peran dan partisipasi masyarakat.

Sementara itu, melalui perwakilan tokoh masyarakat Sebatik, H. Herman Baco, M.M., menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Kapolda Kaltara karena telah meresmikan Pos Brimob di Sebatik Utara.

“Saya mewakili masyarakat Sebatik mengucapkan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada bapak Kapolda Kaltara karena telah meresmikan pos Brimob, yang mana pasukan Brimob ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat kita disini. Dan terima kasih pula kepada bapak Kapolda karena anak–anak kami di tahun 2022 ini banyak diterima menjadi Polisi,” ungkap H. Herman Baco, M.M.

Selanjutnya, Bupati Nunukan melalui Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah,S.E., M.Si., menyampaikan selamat atas diresmikannya Pos Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara ini.

Wakil Bupati Nunukan berharap, dengan keberadaan pos Brimob ini akan semakin menunjang dan meningkatkan tugas–tugas Kepolisian di wilayah Sebatik ini. Karena Sebatik merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia baik secara daratan maupun laut.

Wakil Bupati Nunukan mengungkapkan, sebagai daerah perbatasan, Sebatik memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi. Baik itu penyelundupan barang, orang, maupun narkotika. Sehingga Sebatik membutuhkan kehadiran aparat kepolisian yang Profesional dan memadai untuk menangani tingkat kerawanan tersebut. 

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment