Selama Mudik Lebaran, Polisi Terjunkan 1.300 Personel Gabungan Amankan Idul Fitri 2023 di Seluruh Papua Barat

18 April 2023 - 12:30 WIB
Foto: antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Manokwari. Polda Pabar (Papua Barat) mengerahkan sebanyak 1.300 personel gabungan pada Operasi Ketupat Mansinam 2023 untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di seluruh Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Dalam keterangannya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., mengatakan pemerintah bersama TNI dan Polri telah menyiapkan pengamanan penuh agar perayaan Idul Fitri 2023 dan mudik lebaran berlangsung kondusif.

"Mereka akan tersebar di 31 pos yakni pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos terpadu. Penjagaan dilakukan selama 14 hari ke depan," jelasnya, seperti dilansir Antaranews, Senin, (17/4/23).

Baca Juga:  Kapolri Berangkatkan Peserta Mudik Gratis

Irjen. Pol. Daniel Tahi Monang menyebutkan pada mudik lebaran tahun 2023, diperkirakan ada peningkatan arus baik mudik maupun arus balik. Peningkatan tersebut lantaran Idul Fitri tahun 2023, masyarakat secara besar-besaran merayakannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tugas-tugas dari personel gabungan menjamin keamanan, kenyamanan masyarakat agar bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan tenang.

"Tahun-tahun sebelumnya masih ada pembatasan akibat pandemi COVID-19. Tahun ini (2023) masyarakat sudah merasakan kebebasan baik di terminal, pelabuhan, bandara terjadi peningkatan arus mudik," ungkapnya.

Diakhir kesempatan, Jenderal Bintang Dua tersebut mengimbau agar masyarakat yang hendak mudik untuk memastikan rumah terkunci dengan baik, laporkan ke masyarakat sekitar bahwa akan mudik lebaran.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment