Proses Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Wilayah Polda Maluku Berjalan Aman dan Kondusif

16 February 2024 - 11:00 WIB
ambonkita.com

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Hasil pantauan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara langsung di wilayah hukum Polda Maluku berjalan aman dan kondusif.

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menjelaskan dari hasil pantauan ada beberapa kasus kecil di TPS yang dapat diselesaikan oleh panitia dan petugas keamanan di sana. Penyelesaian dilakukan dengan mengedepankan persuasif.

Kapolda Maluku menyampaikan bila ada upaya-upaya yang ingin menggagalkan tahapan pemilu agar jangan ragu untuk ditindak tegas dan diproses sesuai hukum dan aturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Kasubsatgas PHH Satgas Tindak OMB Polda Bali Sambangi Tempat Penyimpanan Surat Suara

Kepada semua pihak, Kapolda Maluku berpesan untuk menghormati hasilnya dan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian di tempat masing-masing.

Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menjelaskan dalam kontestasi demokrasi pasti ada yang senang dan kecewa terhadap hasil, itu adalah hal yang biasa dan jangan dijadikan sesuatu yang merusak kedamaian dengan melakukan pelanggaran hukum, bahkan melakukan perbuatan pidana yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain.

"Bila ada dugaan pelanggaran ataupun kecurangan dapat disalurkan melalui proses hukum yang telah disiapkan melalui mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan,” tuturnya.Kamis (15/2/2024).

Kapolda Maluku juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang telah bekerja dengan sangat baik serta mengingatkan agar penyelenggara pemilu terus bekerja menuntaskan proses selanjutnya dengan profesional dan sesuai aturan yang berlaku.

“Proses penghitungan suara kemarin di wilayah Maluku berjalan aman dan kondusif. Mari kita hormati hasilnya dan tetap menjaga kedamaian di Maluku,” tutupnya.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment