Polda Jabar Antisipasi Pemudik Parkir di Bahu Jalan Tol

12 April 2023 - 23:20 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Karawang. Kapolda Jabar, Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., meninjau pos pengamanan arus mudik Lebaran di rest area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Kabupaten Karawang.

Saat meninjau pos pengamanan tersebut, Kapolda menyoroti soal potensi kendaraan pemudik yang parkir di bahu jalan tol dan juga mengingatkan personel yang melaksanakan pengamanan di rest area jalan tol untuk mengantisipasi kendaraan parkir di bahu jalan.

"Pada musim mudik lebaran, kendaraan yang parkir di bahu jalan itu bisa menimbulkan kemacetan, jadi harus diantisipasi," ujar Jenderal bintang dua tersebut dikutip dari Republika, Selasa (11/4/23).

Baca Juga:  Komisi III DPR RI Apresiasi Meningkatnya Tren Kepercayaan Publik Kepada Polri

Oleh karena hal tersebut, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus menginstruksikan personelnya untuk melakukan pengaturan di rest area agar jangan sampai penuh kendaraan. Jika sampai penuh, bisa mengakibatkan antrean panjang kendaraan, serta berpotensi memicu pengguna kendaraan parkir di bahu jalan tol.

Selain melakukan pengecekan di rest area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Karawang itu, Kapolda juga memastikan kesiapan pos pengamanan, fasilitas umum bagi masyarakat, juga kesiapan personel Kepolisian.

Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus meminta persiapan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan arus kendaraan, baik di ruas jalan tol maupun jalan arteri. "Laksanakan rekayasa lalu lintas, baik di jalur tol maupun di jalur arteri, sehingga tidak ada kemacetan di titik-titik krusial," tuturnya.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment