Polisi Siapkan Sebanyak 5.614 Personel untuk Amankan Pelantikan Anggota DPR/MPR Besok

30 September 2024 - 17:54 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Polda Metro Jaya dan Polres jajaran siap mengamankan jalannya pelaksanaan pelantikan anggota DPR/DPD/MPR RI periode 2024-2029.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi,S.I.K., S.H., M.H., mengatakan bahwa pihak kepolisian menyiapkan ribuan personel gabungan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Selasa besok.“Kekuatan personil yang dilibatkan dalam pengamanan sebanyak 5.614 personel,” ugnkap Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi, Senin (30/9/24).

Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi juga menjabarkan ribuan personel gabungan tersebut terdiri dari 4.006 personel Satgas Polda Metro Jaya, 585 personil Satgas Polres, dan 1.023 personel BKO TNI, Mabes Polri dan Pemda Jakarta.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan bahwa pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel pengamanan dan mencegah adanya massa aksi masuk ke dalam Gedung DPR RI.

“Kami memfokuskan agar acara inti tidak terganggu mulai dari kedatangan pejabat-pejabat, pidato, hingga acara pelantikan berakhir. Kita pastikan jalur itu steril dari Semanggi sampai pintu utama DPR RI,” ungkap Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro

Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menambahkan bahwa personil yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai jika adanya massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya.

Sementara untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR RI dan beberapa lokasi lain esok hari bersifat situasional.

“Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan,” jelas Kapolres Metro Jakarta Pusat.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment