Polda Riau Gelar Kegiatan Program Keselamatan Berlalu Lintas

18 December 2023 - 08:15 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Pekanbaru. Dirlantas Polda Riau gencar laksanakan kegiatan sosialisasi tentang tata tertib berlalu lintas yang di gelar secara serentak, baik personil Ditlantas Polda Riau maupun Satlantas jajaran. 

"Alhamdulillah, dapat kami sampaikan selama pelaksanaan kegiatan Program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 Ditlantas Polda Riau serta Satlantas jajaran berhasil melaksanakan berbagai kegiatan dilapangan secara masif. Giat (kegaiatan) masif yang kita laksanakan dari giat edukasi, sosialisasi baik langsung kepada masyarakat, radio, televisi, media cetak, media sosial maupun media online, giat pengaturan, peneguran sampai dengan penegakan hukum melalui ETLE adalah cara kita dalam mengubah perilaku masy dalam berkendaraan dari perilaku tidak tertib ke perilaku tertib berlalulintas, guna mewujudkan keteraturan dan displin berlalu lintas yg endingnya yaitu dpt menurunkan angka kecelakaan serta fatalitas korban lakalantas," jelas Dirlantas Polda Riau, Kombes. Pol. Taufiq Lukman Nurhidayat, S.I.K., M.H., Minggu (17/12/23).

Diketahui kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh personil Ditlantas maupun Satlantas jajaran kepada pengendara, komunitas motor, Sekolah, Universitas, maupun kepada masyarakat yang teroganisir dan tidak terorganisir.

"Dalam program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 ini, tema yang kita usung adalah 'Riau Tertib, Zero Accident' " yang bersempena dalam menghadapi hari liburan panjang, perayaan natal 2023 serta tahun Baru 2024.  Hal tersebut juga untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang aman, tertib dan lancar serta liburan akhir tahun yang berkesan," Jelas Kombes. Pol. Taufiq Lukman Nurhidayat, Minggu (17/12/23).

Baca Juga: Jelang Natal, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Biak Gelar Kunjungan Kasih

Kombes. Pol. Taufiq Lukman Nurhidayat mengatakan bahwa Dua pekan berjalan program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 ini, kita juga mengoperasikan ETLE Mobile yang dipasang di mobil patroli yang secara otomatis mengcapture setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor. Kegiatan ini rutin kita laksanakan guna meningkatkan kesadaran pengendara agar lebih tertib dalam berlalu lintas, tentunya program terobosan ini hasil yang di capai tidak signifikan, namun cukup berdampak baik kepada masyarakat.

Dirlantas Polda Riau menjelaskan bahwa selama kegiatan tersebut berlansung Polisi mendapati pelanggaran tata tertib berlalu lintas sebanyak 1.790 tilang, sedangkan kegiatan penindakan dengan peneguran sebanyak 14.877 peneguran.

Kombes. Pol. Taufiq Lukman Nurhidayat mengatakan bahwa selain itu untuk kegiatan melalui media cetak sebanyak 721 kegiatan dan elektronik sebanyak 1.370 kegiatan, kegiatan sosialisasi melalui media sosial 45.467 kegiatan, khusus kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk sebanyak 903 titik di seluruh Provinsi Riau, penyebaran Leaflet sebanyak 16.046 lembar, stiker himbauan sebesar 13.367 lembar, pemasangan baliho himbauan di titik-titik jalan yang strategis sebanyak 176 buah spanduk.

Dirlantas Polda Riau berharap untuk bersama-sama mebangun budaya tertib dalam berlalu lintas guna tercipta nya lalu lintas yang aman, tertib dan lancar serta zero accident

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment