Operasikan 3 ETLE, Polda Jateng Nilai Efektif Tindak Pelanggar Lalin di Jalan

7 November 2022 - 13:22 WIB
Foto : (radioidola.com)

Tribratanews.polri.go.id - Semarang. Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah menjelaskan pengoperasian tiga kamera tilang eletronik, atau elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah wilayah efektif memantau pelanggaran lalu lintas di jalan.

Dirlantas Polda Jateng Kombes. Pol. Drs. Agus Suryo Nugroho, S.H., M.Hum., mengatakan, tiga kamera tilang elektronik itu berupa ETLE statis, dan ditempatkan di perempatan atau di pertigaan jalan.

“Jadi untuk di Jawa Tengah masyarakat menyambut cukup baik, karena memang mekanisme kerja ETLE itu adalah penegakan hukum dengan cara-cara yang betul. Sebab, tidak ada lagi bersentuhan antara petugas dengan pelanggar. Cara-cara kekinian ini tentunya mendapat dukungan dari masyarakat,” jelas Dirlantas, Senin (7/11/22).

Baca juga : Kakorlantas Polri Beri Arahan kepada Personel Pengawalan dan Pengamanan KTT G20

Menurut Kombes. Pol. Drs. Agus Suryo Nugroho, pemasangan ETLE drone nanti akan memotret pelanggar lalu lintas di jalan dan kemudian akan divalidasi untuk selanjutnya dicetak serta dikirimkan ke alamat si pelanggar berdasarkan data kendaraan.

Bagi pengguna kendaraan yang mencoba mengakali kamera tilang elektronik dengan melepas plat nomor kendaraan dianggap tidak ada masalah. Sebab, mekanisme ETLE tersebut tidak absolut atau tidak semua yang dipotret atau divalidasi akan dikirimkan ke alamat pelanggar.

“Ketika divalidasi dan tidak jelas, maka tidak wajib dikirim dokumen tilang,” tutup Dirlantas.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment