Lebaran 2023, Dishub Prediksi 5,8 Juta Pemudik Masuk DIY

19 March 2023 - 06:31 WIB
starjogja.com

Tribratanews.polri.go.id - Yogyakarta. Dishub (Dinas Perhubungan) Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan sebanyak 5,8 juta pemudik diperkirakan akan memasuki wilayah DIY pada momentum Lebaran 2023.

Saat dihubungi, Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan, untuk DIY diperkirakan 5,8 juta pemudik. Mayoritas menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi.

Baca juga : Selama Bulan Ramadan, Kemenkominfo Antisipasi Ancaman Kejahatan Siber

Menurutnya, dari jutaan pemudik yang bakal memasuki DIY tersebut, yang menggunakan sepeda motor diperkirakan mencapai 20,3 persen atau 1,2 juta orang, sedangkan mobil pribadi 22,07 persen atau 1,3 juta orang.

"Kalau yang lainnya kombinasi ada yang menggunakan bus, truk dan moda transportasi lainnya," jelasnya seperti dilansir Antaranews.com, Jumat (17/3/23).

Ia menjelaskan, jumlah pemudik mengalami kenaikan jika dibandingkan momentum Lebaran 2022 sekitar 3,9 juta pemudik.

"Dulu mungkin masih terbayang-bayang dengan COVID-19. Kalau sekarang bukan bebas COVID-19 tetapi karena sudah ada banyak pelonggaran," tambahnya.

Lebih lanjut, Made Dwipanti mengatakan tidak hanya destinasi wisata menarik, banyaknya infrastruktur jalan yang mendukung akses transportasi juga menjadi faktor pemicu peningkatan jumlah pemudik ke DIY tahun ini.

Untuk mengantisipasi penekanan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menggelar program mudik gratis menggunakan kereta api dan bus menuju DIY.

Dinas Perhubungan DIY bersama instansi terkait saat ini tengah melakukan evaluasi dan penyempurnaan terkait manajemen rekayasa lalu lintas menjelang Lebaran 2023.


(fa/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment