KTT ASEAN ke-42, Polri Pantau Pengamanan Terpusat Melalui 91 Command Center

11 May 2023 - 11:00 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Labuan Bajo. Saat ini 91 command center, merupakan salah satu command center yang disiapkan sebagai pusat pengendali operasi. Hal tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., di Command Center KTT ASEAN.

“Fungsinya sebagai tempat pemantauan tugas kita, khususnya Polri yang melakukan pengamanan di ring tiga, walaupun ada yang di ring satu dan dua dibawah kendali langsung paspampres dan bapak Panglima. Karena kita konsepnya bekerja sama dengan TNI,” jelas Kapolri, Kamis (11/5/23).

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa di command center ini dapat memantau seluruh anggota yang melaksanakan tugas di titik-titiknya yang sudah dibagi, baik di tempat akomodasi, tempat acara, dan jalur yang akan digunakan baik untuk kedatangan maupun pada saat pelaksanaan.

Baca Juga:  Polri Gerak Cepat Identifikasi Tata Kelola Cukai

“Command center dapat melakukan komunikasi dengan anggota di lapangan dan anggota dapat langsung melaporkan Kondisi yang terjadi di lapangan. Secara umum kita bisa mendapatkan gambaran secara detail titik-titik yang kita tentukan personelnya. Kemudian kita juga bisa memantau langsung anggota berada di titik-titik mana saja,” ungkap Kapolri.

Kapolri menambahkan, dari mulai persiapan hingga saat ini alhamdulillah beberapa potensi ancaman bisa diatasi dan dideteksi, serta dapat terselesaikan. Terimakasih kepada masyarakat karena atas dukungan masyarakat walaupun jalur rekayasa lalu lintas diubah tapi masyarakat bisa memahami sehingga pihaknya bisa memberikan prioritas kepada para kepala negara dan delegasi untuk bisa sampai dan tepat waktu.

“Kita minta untuk semua anggota bekerja keras, kami TNI-POLRI akan terus bersama-sama di lapangan dan mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal dan kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar serta dapat memberikan manfaat serta keputusan-keputusan yang strategis khususnya untuk ASEAN,” tutup Kapolri.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment