Kapolri Perintahkan Jajarannya Antisipasi Serangan Siber

17 July 2024 - 22:01 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk secara matang melakukan antisipasi terjadinya serangan siber.

"Kita juga menghadapi kondisi yang rentan, terkait dengan masalah serangan siber. Sehingga mau tidak mau, kita harus mempersiapkan terkait dengan pengamanan dibidang serangan siber," ujar Kapolri dalam acara Kompolnas, di Jakarta, Rabu (17/7/24).

Kapolri menyebut, pihaknya tengah menyusun regulasi untuk mengatasi persoalan siber tersebut. Apabila regulasi itu telah diterbitkan, nantinya seluruh situs yang ada di Polri harus melewati sistem asesmen dari Komite TIK.

Selain itu, Polri juga akan melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data, seperti mengerahkan perangkat anti-DDOS dan sistem lainnya yang akan terus diperbaharui. Kendati demikian, semua itu akan melalui tahapan pengujian terlebih dahulu

"Tentunya kita harus melakukan pen-test secara berkala. Artinya, sistem keamanan yang sudah kita buat harus kita coba untuk kita terobos, apakah ini masih baik atau harus kita tingkatkan lagi," jelas Kapolri.

(Ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment