Kapolda Sumbar : Ratusan Personel Diterjunkan Guna Amankan 10.836 TPS di Sumbar

10 October 2024 - 17:30 WIB
Dok. Polda Sumbar

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Suharyono, S.IK., S.H., membuka kegiatan Gelar Operasional (GO) Bulanan Polda Sumbar Triwulan III, Rabu (9/10/24) di Ballroom The ZHM Premiere Hotel Padang. Gelar Operasional kali ini mengangkat tema 'Harkamtibmas dan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024'.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan, gelar operasional merupakan sarana kontrol, pengawasan, dan analisa serta evaluasi pimpinan terhadap pelaksanaan tugas-tugas yang telah dilaksanakan, baik tentang keberhasilan maupun kekurangan, serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh unsur pelaksana tugas.

Sehingga pimpinan dapat menganalisa, mengevaluasi dan dapat memberikan arahan, petunjuk serta penekanan sesuai dengan perkembangan situasi yang terjadi dengan harapan pelaksanaan tugas ke depan akan menjadi lebih baik.

"Gelar operasional triwulan III kali ini mengangkat tema 'Harkamtibmas dan kesiapan pengamanan pilkada serentak tahun 2024-2025'. Tema ini mengandung arti bahwa kita harus selalu siap dalam menghadapi dinamika yang terjadi di dalam masyarakat, yaitu kesiapan menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang bertepatan dengan Pilkada serentak tahun 2024-2025 serta antisipasi bencana di wilayah hukum Polda Sumbar," terangnya.

Pada pilkada serentak wilayah Sumbar ada dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur, 32 pasang calon bupati dan wakil bupati, serta 22 pasang calon wali kota dan wakil wali kota. Sementara di Dharmasraya, hanya ada satu pasang calon melawan kotak kosong.

Ia menjelaskan, jumlah kekuatan personel yang akan dilibatkan pada Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 dalam rangka pengamanan pemilukada adalah sebanyak 8.784 personel, dengan 10.836 TPS.

"Saya tekankan agar para kasatwil dapat melihat dan menilai perkiraan ancaman pada lokasi TPS rawan di wilayahnya masing-masing," tutur Jenderal bintang dua tersebut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment