Kapolda Jatim Tegaskan Kabar Penculikan Anak di Jatim Adalah Hoaks

2 February 2023 - 05:00 WIB
Dok. Bidhumas Polda Jatim

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Dr. Drs. Toni Harmanto, M.H., menegaskan bahwa kabar penculikan anak yang akhir-akhir ini ramai di wilayah tersebut adalah hoaks.

"Penculikan anak di beberapa tempat di Jawa Timur itu adalah berita hoaks, kami juga melakukan takedown berita hoaks tersebut," ujar Irjen. Pol. Toni Harmanto dalam keterangannya dikutip dari Antaranews.com, Selasa (1/2/23).

Baca juga : Polda Jabar Imbau Warga Tidak Mudah Percaya Isu Penculikan Anak

Kapolda juga meminta tim Siber Polda Jatim yang berada dalam naungan Ditreskrimsus untuk berperan aktif dalam menangkis berita hoaks yang beredar di tengah tengah masyarakat.

Menurut Kapolda, berita hoaks yersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, terlebih, kabar itu menyangkut dengan keselamatan anak.

Untuk itu Kapolda menginstruksikan anggotanya agar tetap waspada. Karena tidak menutup kemungkinan, aksi penculikan anak itu terjadi di wilayah hukum Polda Jatim.

"Jadikan ini sebagai langkah-langkah pencegahan," tuturnya.

Sebelumnya beredar, sejumlah wilayah di Jawa Timur dihebohkan dengan kabar penculikan anak. Isu itu mencuat setelah adanya rekaman suara seorang perempuan yang mengumumkan ada anak sekolah dasar (SD) yang hendak diculik.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment