Bakamla Gelar Latihan Kesiapsiagaan di Batam

8 February 2023 - 23:00 WIB
Antara

Tribratanews.polri.go.id - Batam. Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) menggelar latihan kesiapsiagaan L1 dan L2 bagi personel KN Tanjung Datu-301 di Dermaga Batu Ampar, Batam Kepulauan Riau.

“Kegiatan ini diselenggarakan di KN Tanjung Datu-301 yang sedang sandar. Kegiatan juga diikuti 75 personel yang bertugas sebagai awak Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301,” ujar Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Bakamla Kolonel Bakamla Anang dari keterangan yang diterima di Batam, Rabu (8/2/2023).

Baca juga : Polda Kalteng Gelar Operasi Keselamatan Telabang Guna Menekan Angka Kecelakaan

Anang mengatakan, kegiatan ini berlangsung dari Selasa (7/2) hingga Jumat (10/2). Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel awak KN Tanjung Datu-301 dalam menjalankan pos tugas masing-masing dan menunjukkan sinergi yang kuat dengan jajaran TNI Angkatan Laut.

Tidak hanya itu, sinergi dengan pos tugas lainnya, dan pengetahuan tentang kesiapan unsur, merupakan kemampuan esensial yang harus terus diasah.

“Semua ini dilakukan guna meningkatkan keberhasilan pelaksanaan tugas patroli dan operasi. Adapun materi latihan yaitu Teori Penguasaan Buku Induk Tugas (BIT) yang meliputi peran operatif, peran administratif, peran darurat, dan peran khusus,” ujar Anang.

Dengan digelar kegiatan latihan kesiapsiagaan itu, dia berharap para peserta dapat serius dalam mengikuti pelatihan ini, karena pentingnya penguasaan BIT.

“Selain itu, personel tetap harus mengembangkan kapasitas pengetahuan dan kemampuannya. Tidak hanya dalam gelar latihan ini saja, tetapi secara terus menerus agar selalu siap, responsif dan terbentuk profesionalisme,” ujar Anang.

(ndt/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment