Awasi Arus Lalu Lintas, Korlantas Polri Kaji Rencana Penerapan Drone Tanpa Awak

17 January 2023 - 13:18 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri saat ini tengah mengkaji rencana penerapan teknologi pesawat tanpa awak untuk pengawasan arus lalu lintas. Karena teknologi ini sangat berguna saat terjadi kemacetan.

"Jadi kita sedang mengkaji, menguji dan melihat rencana kita yang akan membuat satu pendukung untuk patroli kita, pengawasan arus lalu lintas dengan menggunakan pesawat tanpa awak," jelas Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Drs. Aan Suhanan, M.Si., dalam keterangan tertulis, Senin (16/1/23).

Baca Juga: Tingkatkan Kepatuhan, Korlantas Polri Luncurkan Tilang ETLE Portable

Brigjen. Pol. Aan mengungkapkan, teknologi ini bisa diterapkan saat terjadi kemacetan dapat dipantau hingga ujung sumber kemacetan tersebut. Sehingga melalui pesawat tanpa awak ini akan mengirimkan ke command center. Maka, langsung ada komando kepada anggota yang di lapangan untuk mengurangi kemacetan tersebut.

“Dengan adanya teknologi tersebut, semoga bisa mempermudah petugas saat akan melakukan survei dan monitoring suatu ruas yang mungkin tidak bisa melalui jalur darat. Sehingga ke depannya, teknologi tanpa awak ini akan dikembangkan untuk penegakkan hukum melalui ETLE,” tutup Jenderal Bintang Satu itu.

(my/hn/um

Share this post

Sign in to leave a comment