Arus Lalin Libur Nataru Meningkat, Polda Jateng Aktifkan Tim Urai Kemacetan

25 December 2023 - 17:30 WIB
Dok. Polda Jateng

Tribratanews.polri.go.id - Semarang. Arus lalu lintas kendaraan yang masuk Jawa Tengah mengalami peningkatan menjelang masa libur Natal. Ribuan kendaraan memenuhi jalan dan terpantau bergerak melambat di sejumlah titik jalan tol.
 
Terkait peningkatan arus kendaraan tersebut, terang Kabidhumas, Polda Jateng telah memprediksi dan melakukan antisipasi dengan menyebar tim urai di titik-titik rawan macet baik di jalur arteri maupun jalan tol. Hal tersebut disampaikan Kabidhumas Polda Jateng, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, SIK, M.Si., Minggu (24/12/23).
 
“Misalnya di Semarang, tim urai telah disebar ke daerah yang rawan kepadatan lalu lintas seperti Bawen dan arah Demak. Sedang di kawasan tol, tim urai disebar di empat titik antara lain di kawasan tol area Kalikangkung, Manyaran, Jatingaleh dan Banyumanik,” ungkap Kabid Humas.
Baca Juga: Pastikan Keamanan Nataru, Kapolda Sulbar Cek Kesiapan Operasi Lilin Marano 2023 di Mamuju Tengah

Terkait meningkatkannya arus kendaraan ini, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto juha mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk mematuhi arahan petugas di lapangan. Kepatuhan masyarakat akan berdampak signifikan bagi kelancaran arus lalu lintas dan menurunnya resiko laka lantas di jalan.
 
“Masyarakat juga harus pandai menganalisa situasi jalan dan tidak terburu-buru atau memaksakan diri untuk segera sampai di tempat tujuan. Bila ada kepadatan agar memperlambat kecepatan kendaraan dan mematuhi arahan petugas. Bila capek segera menepi di tempat aman untuk beristirahat,” jelas Kabid Humas.
 
Kabid Humas juga mengimbau masyarkat agar memeriksa kesiapan kendaraan sehingga tidak beresiko mengalami permasalahan di tengah perjalanan. Pada beberapa kasus kendaraan mengalami pecah ban over heat sehingga mogok di tengah jalan. Hal ini beresiko menimbulkan laka lantas atau bisa menimbulkan kemacetan di jalan raya. Untuk itu persiapkan diri dan kendaraan secara baik.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment