Polisi Brasil Temukan 1 Ton Kokain yang Disembunyikan di Bawah Kotoran Kucing

9 October 2022 - 16:03 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Kepolisian Brasil menyita lebih dari satu ton kokain yang disembunyikan di truk yang membawa kotoran kucing.

Penemuan fenomenal ini terjadi Jumat 7 Oktober 2022 malam di negara bagian Minas Gerais Ketika Polantas menggeledah truk saat perjalanan menuju kota Pelabuhan Salvador de Bahia.

"Berkat anjing pelacak, agen menemukan sekitar 1.140 kilogram kokain dalam tas yang disembunyikan di bawah muatan kotoran kucing," ujar Polisi lalu lintas dalam pernyataannya, diberitakan AFP, Sabtu (8/10/22).

Kokain itu dikatakan senilai sekitar US$39 juta atau Rp596 miliar.

Brasil adalah persimpangan jalan bagi perdagangan narkoba internasional. Jalan darat atau air di Brasil kerap digunakan negara-negara penghasil kokain seperti Kolombia, Peru, dan Bolivia. Pengiriman kokain bisa menuju Eropa atau Afrika menggunakan kapal-kapal dari pelabuhan-pelabuhan utama di Brasil seperti di Santos atau Salvador de Bahia.

Pada Juni lalu, pria bernama Sergio Roberto de Carvalho, yang dikenal dengan sebutan Pablo Escobar dari Brasil, ditangkap di Hungaria. Dia diduga menjalankan jaringan narkoba besar yang memasok kokain ke Eropa. de Carvalho sudah buron sejak 2020.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20221009040746-134-858122/polisi-brasil-temukan-1-ton-kokain-di-truk-pembawa-kotoran-kucing

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment