Menlu Indonesia, Australia dan Timor Leste Bahas Pentingnya Pemulihan Ekonomi hingga Kedaulatan Wilayah

26 September 2022 - 18:20 WIB

Tribratranews.polri.go.id - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memimpin Pertemuan Trilateral Indonesia – Australia – Timor Leste, bersama Menlu Australia Penny Wong dan Menlu Timor Leste Adaljiza Magno pada Selasa 20 September 2022.

Dalam pertemuan, dibahas upaya kerja sama untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Beberapa bidang kerja sama dinilai penting untuk terus didorong antara lain konektivitas, ketahanan pangan, dan energi.

Sementara itu, ketiga Menlu juga bersepakat mengenai pentingnya semua negara untuk menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB secara konsisten.

“Prinsip penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah termasuk prinsip yang sangat penting untuk dihormati," kata Menlu Retno, seperti dikutip dari laman Kemlu.go.id, Sabtu (24/09/2022).

Ketiga Menlu juga sepakat mengenai pentingnya memajukan isu pemberdayaan perempuan. Pengarusutamaan isu gender dinilai penting dilakukan di semua kerja sama antara ketiga negara.

Isu G20, ASEAN dan kerja sama maritim juga dibahas dalam pertemuan.

“Indonesia sebagai Presiden G20, terus berupaya menjaga agar G20 tetap dapat bekerja dan menghasilkan kerja sama konkrit, tidak hanya untuk anggotanya, namun untuk masyarakat dunia," ujar Retno.

Lebih lanjut Menlu Retno mengatakan bahwa sejak awal Indonesia memang memberikan perhatian pada kepentingan negara berkembang.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.659.235

Sembuh

6.441.327

Meninggal

159.789

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 30 November 2022 - 10:49
Sign in to leave a comment