KPU Dalami Surat Suara Tercoblos di Jeddah

12 February 2024 - 13:32 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan segera berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah terkait dugaan surat suara yang tercoblos di Arab Saudi.
 
"KPU segera akan koordinasi dengan PPLN Jeddah untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai video yang tersebar di akun (media sosial) X tersebut," jelasnya anggota KPU RI Idham Holik dikutip dari Antara, Senin (12/2/24).

Baca Juga: Polda Sumut Kerahkan 12.908 Personel Jamin Keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pada Pemilu 2024

Ia menjelaskan, seorang pemilih dapat meminta surat suara pengganti apabila mendapatkan surat suara yang telah tercoblos atau rusak. Hal itu tertera dalam aturan pemungutan suara.
 
"Seharusnya yang bersangkutan itu minta pengganti kepada KPPS LN (kelompok penyelenggara pemungutan suara luar negeri). Sekarang pertanyaannya apakah yang bersangkutan ketika membuat video berada di TPS LN (tempat pemungutan suara luar negeri) atau berada di KSK (kotak suara keliling) atau bukan?" ujarnya.
 
Menurutnya, Bawaslu akan menindaklanjuti hal ini karena dugaan pelanggaran pemungutan dan penghitungan suara itu kewenangan atributif Bawaslu.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment