Alasan Eks PM Malaysia Puji Jokowi ke China Temui Xi Jinping

30 July 2022 - 21:02 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memuji langkah Presiden Joko Widodo yang melangsungkan tur ke tiga negara Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan, dan China.

Najib menganggap tur Jokowi ke Asia Timur terutama ke China untuk bertemu Presiden Xi Jinping merupakan bentuk dari diplomasi teladan.

Melalui unggahannya di Facebook, Najib menganggap Indonesia tengah maju secara ekonomi mengingat Jokowi terus melakukan "langkah proaktif" mendekati negara-negara strategis terkait kerja sama perdagangan dan investasi.

"China merupakan mitra perdagangan terbesar dan utama kita, dan kita juga menerima keuntungan besar dalam bisnis minyak sawit, infrastruktur, ekonomi digital, dan berbagai investasi dari China. Seperti Indonesia saat ini," ujar Najib.

"Itu merupakan satu dari beberapa alasan utama kenapa saya menjaga dan memperkuat hubungan kita dengan pemimpin negara lain kala saya menjabat sebagai perdana menteri," tuturnya lagi.

Najib juga bercerita bahwa di saat ia masih memimpin Malaysia, kala kepemimpinannya, Malaysia dapat menyelesaikan krisis bersama beberapa pemimpin dunia. Ia juga mengklaim perusahaan lokal bahkan meminta bantuannya untuk memfasilitasi investasi asing.


Share this post

Sign in to leave a comment